08 April 2022, 00:28 WIB

OPPO A96 Resmi Meluncur di Indonesia, Ponsel Mid-End dengan Sejumlah Fitur Setara Flagship 


Mediaindonesia.com | Teknologi

Dok. OPPO Indonesia
 Dok. OPPO Indonesia
Ponsel OPPO A96

PRODUSEN ponsel asal Tiongkok, OPPO, resmi meluncurkan A96 di Indonesia, gawai terbaru pada seri A merek tersebut. 

"Target pengguna kami dari usia 14 sampai 50 tahun," kata Manajer Humas OPPO Indoneia, Aryo Meidianto A, saat peluncuran di Jakarta, Kamis (7/4). 

Rentang pengguna yang sangat luas membuat OPPO menekankan pada performa dan peningkatan di berbagai fitur dibandingkan dengan pendahulunya A95. 

Mulai dari layar, OPPO memberikan layar seluas 6,59 inci resolusi FHD 1080x2412 piksel. Layar ini cukup luas dengan perbandingan layar ke bodi sebesar 90,8 persen. 

OPPO A96 memiliki refresh rate sebesar 90Hz, yang dilengkapi dengan fitur Adaptive Refresh Rate. Berkat fitur ini, layar ponsel akan menyesuaikan refresh rate sesuai dengan penggunaan aplikasi. 

Misalnya, ketika sedang menonton video, ponsel akan menyalakan refresh rate pada angka 90Hz atau maksimal. Sementara ketika sedang mengirim pesan, refresh rate yang digunakan turun menjadi 60Hz. 

Menurut Aryo, fitur ini diadakan untuk mengubah anggapan bahwa refresh rate 90Hz boros daya baterai. 

Beranjak ke baterai, OPPO memberikan kapasitas besar 5.000mAh dengan teknologi pengisian daya 33W SUPERVOOC. Pengisian daya ekstra cepat ini sebelumnya hanya ada pada seri Reno dan kelas flagship Find X. 

OPPO mengklaim teknologi itu bisa mengisi daya sebesar 55 persen dalam waktu 30 menit. Selain pengisian daya cepat, A96 dilengkapi dengan fitur Optimized Night Charging yang akan mempelajari pola pengisian daya pada malam hari. 

Baca juga : Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro Resmi Meluncur ke Indonesia, Jagokan Desain dan Kualitas Kamera 

Efisiensi penggunaan daya baterai diwujudkan melalui fitur Super Power Saving Mode, yang akan menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar pada aplikasi agar masa pakai baterai bertahan lama. 

Untuk performa, OPPO menggunakan chip dari Qualcomm Snapdragon 680 yang mendukung performa sekaligus efiensi daya. 

Pada perangkat ini, OPPO untuk pertama kalinya memberikan kapasitas 256 GB pada seri A. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, A95 yang memiliki kapasitas penyimpanan internal 128 GB. 

Meski kapasitas sudah besar, penyimpanan A96 masih bisa diperluas hingga 1TB dengan kartu micro SD. 

Ruang penyimpanan yang besar pada A96 diimbangi dengan RAM 8GB. OPPO memberikan fitur ekspansi RAM hingga 5GB, yang akan bermanfaat ketika ponsel membuka banyak aplikasi. 

Kamera OPPO A96 menggunakan susunan ganda, yaitu lensa utama 50MP dan lensa bokeh 2MP. Kamera belakang ini mendukung perbesaran digital lima kali dan 20 kali bidikan beruntun. 

Sementara di depan, terdapat kamera swafoto 16MP yang dilengkapi dengan fitur 360 Fill Light untuk mencerahkan bidikan potret ketika cahaya redup. 

OPPO memasarkan ponsel ini di harga Rp4.299.000, terdiri dari warna Pearl Pink dan Starry Black. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT