07 April 2022, 13:42 WIB

Meta Jajaki Bikin Mata Uang Digital Disebut Zuck Bucks


Mediaindonesia.com | Teknologi

AFP/Kirill Kudryavtsev.
 AFP/Kirill Kudryavtsev.
Logo Meta.


PERUSAHAAN induk Facebook, Meta, sedang menjajaki potensi uang digital yang disebut secara internal sebagai Zuck Bucks dalam permainan nama pendiri. Financial Times melaporkan itu, Rabu (6/4).

Meta mengabaikan upayanya untuk menciptakan mata uang kripto global--pertama kali disebut Libra tetapi akhirnya diganti namanya menjadi Diem--dalam menghadapi reaksi keras dari regulator keuangan di seluruh dunia. Namun, pendiri dan kepala Mark Zuckerberg telah berbicara tentang pentingnya e-commerce dan alat keuangan sesuai visinya untuk dunia online imersif yang disebut metaverse.

"Kami terus mempertimbangkan inovasi produk baru untuk orang, bisnis, dan pembuat," kata juru bicara Meta dalam menanggapi AFP. "Sebagai perusahaan, kami fokus membangun metaverse dan itu mencakup seperti pembayaran dan layanan keuangan."

Juru bicara itu tidak akan mengomentari inovasi spesifik yang sedang diupayakan. Produk yang dipertimbangkan di Meta termasuk token digital yang mirip dengan yang digunakan untuk transaksi di video game, dengan versi perusahaan internet itu yang dijuluki Zuck Bucks oleh mereka yang mengerjakannya, menurut Financial Times.

Game populer seperti Fortnite dan Roblox menggunakan token untuk transaksi. Token berpotensi digunakan untuk memberi penghargaan kepada pembuat dan pemberi pengaruh yang postingannya menarik audiens online.

Baca juga: Amazon Siap Luncurkan Satelit untuk Perkuat Kualitas Internet

Meta ingin mendiversifikasi pendapatannya di luar ketergantungan pada iklan bertarget. Ini telah memicu kekhawatiran tentang pelanggaran privasi pengguna. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT