06 April 2022, 19:00 WIB

Amazon Siap Luncurkan Satelit untuk Perkuat Kualitas Internet


Mediaindonesia.com | Teknologi

AFP/Thomas Samson.
 AFP/Thomas Samson.
Logo Amazon.

AMAZON pada Selasa (5/4) mengumumkan kesepakatan sejumlah peluncuran untuk menyebarkan konstelasi satelit di orbit rendah di sekitar Bumi untuk menyediakan layanan internet kepada orang-orang di bawah. Kontraknya dengan Arianespace, Blue Origin, dan United Launch Alliance (ULA) merupakan pengadaan kendaraan peluncuran komersial terbesar dalam sejarah.

Biaya keseluruhan dan waktu peluncuran yang dipesan untuk membuat Proyek Kuiper Amazon menjadi kenyataan tidak diungkapkan. "Kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan, tetapi tim terus mencapai tonggak demi tonggak di setiap aspek sistem satelit kami," kata wakil presiden senior Amazon Dave Limp dalam suatu pernyataan.

"Project Kuiper akan menyediakan broadband yang cepat dan terjangkau bagi puluhan juta pelanggan di komunitas yang belum terlayani dan kurang terlayani di seluruh dunia."

Miliarder AS Elon Musk, kepala perusahaan luar angkasa SpaceX, telah menempatkan lebih dari 1.500 satelit ke orbit untuk membuat jaringan layanan internet Starlink. Akhir tahun lalu Boeing memasuki perlombaan internet luar angkasa usai mendapatkan otorisasi AS untuk satelit yang akan menyediakan layanan internet dari atas.

Project Kuiper bertujuan menyediakan layanan internet broadband berkecepatan tinggi untuk rumah tangga, sekolah, rumah sakit, bisnis, operasi bantuan bencana, dan lainnya di tempat-tempat tanpa konektivitas yang andal. Amazon sedang mengembangkan Kuiper in-house dan berencana memanfaatkan kemampuan yang sudah ada di divisi lain, seperti operasi logistik dan komputasi awan AWS.

Musk membentuk aliansi dengan Microsoft, yang merupakan saingan terbesar Amazon di pasar komputasi awan, untuk menggunakan platform Azure yang menyediakan versi layanan internet bertenaga satelit. 

Baca juga: Bug Internal Promosikan Konten Bermasalah di Facebook

Dengan beberapa kontrak peluncuran Amazon diberikan kepada Blue Origin, satu operasi Bezos akan memberi makan bisnis yang lain. Bezos telah menggunakan sebagian dari kekayaan Amazonnya untuk membuat dan mendanai perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta Blue Origin.

"Kami merasa terhormat untuk mendukung misi ambisius Amazon untuk menyediakan broadband yang andal dan terjangkau bagi komunitas yang belum terlayani dan kurang terlayani di seluruh dunia," kata wakil presiden senior Blue Origin Jarrett Jones dalam rilis bersama. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT