29 March 2022, 18:36 WIB

Relictum Ecosystem Indonesia Luncurkan Aset Kripto Genesis Token


mediaindonesia.com | Teknologi

Ist
 Ist
Digital Asset Academy menggeralar Indonesia Creative Economy Expo (IDCEX) East Java 2022. 

DIGITAL Asset Academy telah menyelenggarakan Indonesia Creative Economy Expo (IDCEX) East Java 2022 pada Sabtu (26/3).

Pada saat bersamaan, diluncurkan pula ekosistem Relictum.io sebagai platform terpadu untuk DeFi, NFT, Web 3.0, dan GameFi.

Peluncuran dilaksanakan di Bumi Surabaya City Resort, Kota Surabaya, disaksikan lebih dari 450 investor aset digital dan siaran langsung online disaksikan keluarga besar Yayasan Cerdas Digital Adil Sejahtera yang memiliki lebih dari 127 ribu siswa  di seluruh Indonesia.

Peresmian IDCEX East Java 2022 dilakukan Gubernur Jawa Timur (Jatim) ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Biro Perekonomian Provinsi Jatim Iwan S.Hut, M.M yang mewakili Gubernur Jatim

Peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia diresmikan pula dengan pemukulan gong oleh pakar ekonomi digital Dr. Sulistya Putra, Pendiri Digital Asset Academy (DAC) dan disaksikan perwakilan Gubernur Jawa Timur.

Dalam acara peresmian, turut hadir Frans Limbong Ketua Umum IDCEX East Java, Lola Haryanti Regional Director DAC Jabar Banten Jateng DIY, Gede Fedry Mahendranata Regional Director DAC Jakarta Sumatra Bali, dan Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA, Ketua Kadin Fashion Art (Kadifa) yang membina pengrajin tenun dan songket di 34 propinsi. 

Baca juga: Binance Dapat Restu dari Otoritas Regulasi Aset Virtual Dubai 

Dr. Sulistya Putra menyatakan peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia yang diakses lewat website Relictum.io akan mendukung peningkatan ketahanan ekonomi nasional.

Selain itu, Relictum.io diharap berkontribusi melindungi aset-aset nasional termasuk budaya bangsa dengan teknologi yang handal, aman, transparan, dan jujur. 

Dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3), Sulistya menjelaskan,"Relictum Ecosystem membuat setiap pemilik handphone bisa menjadi pengelola bank kripto menggunakan satu aplikasi super Relictum Node untuk mengakses berbagai aplikasi terdesentralisasi DeFi (Decentralized Finance), NFT (Non Fungible Token), dan GameFi."

Relictum Ecosystem berbasis Blockchain 5.0 Relictum Pro merupakan infrastruktur terbaik untuk tren Web 3.0, yaitu protokol internet berbasis blockchain.

Platform Relictum Ecosystem menyajikan solusi terpadu yang lebih mudah, aman, dan lengkap setara ribuan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang terpisah-pisah." 

Pengembangan Relictum Ecosystem berbasis teknologi Blockchain 5.0 Relictum.io pertama di dunia didukung 10 miliar Genesis Token (GTN) dan 50% atau sebanyak 5 miliar GTN dapat dimiliki oleh para investor aset digital melalui "private sale".

Saat ini telah terjual 1,9 milyar GTN. Para pemilik GTN mendapat keuntungan ganda, yaitu dari kenaikan nilai aset digital cryptocurrency GTN dan royalti bagi hasil dua kali sebulan.

Pemilik GTN juga bisa mendapat tambahan unit GTN dari Relictum Staking yang bermanfaat menjaga dan meningkatkan ketahanan nilai GTN.

GTN juga akan listing di LBANK Exchange yang telah menandatangani kerjasama resmi dengan Relictum. Paket-paket GTN dapat diakses dengan daftar akun website Relictum.io.

Solusi DeFi Relictum Ecosystem terdiri dari Relictum Finance untuk pembayaran bisnis internasional dan pengiriman uang antar negara tanpa bank tradisional menggunakan stable coin USDR dengan biaya transaksi nol alias gratis.

Relictum Pay yang didukung Visa, Mastercard, dan Simplex untuk menjamin likuiditas dan pertukaran cryptocurrency dan uang fiat.

Relictum DEX (Decentralized Exchange) untuk jual beli 500 pasang aset kripto, Relictum Staking untuk deposit crypto, Relictum Swap untuk pertukaran langsung antar kripto, dan Relictum Pool seperti unit link untuk aset kripto. 

Relictum Ecosystem juga memiliki wrapped coin untuk "membungkus" Bitcoin, Litecoin, Ethereum dengan Blockchain 5.0 jadi RBTC, RLTC, RETH. Fungsinya untuk membuat transaksi  lebih cepat dan hemat biaya.

Relictum Bridge adalah teknologi untuk interkoneksi Blockchain 5.0 Relictum Pro dengan ekosistem Ethereum, Cosmos, Solana, Near, Polkadot, dan berbagai Blockchain lainnya.

Strategi ini akan meningkatkan likuiditas dan usabilitas Relictum Ecosystem sehingga meningkatkan harga GTN lebih tinggi di masa depan. 

Relictum Storage adalah sistem file terdistribusi yang merupakan  infrastruktur penting Web 3.0. Relictum Chat dan Relictum Game memiliki potensi pasar 3,6 miliar pengguna sedunia.

Semua aplikasi Relictum Ecosystem dapat diakses dengan satu crypto wallet Relictum Node yang bisa diunduh gratis di Relictum.io. 

Dalam sambutannya yang dibacakan Iwan, Gubernur Jatim menyambut baik dan mendukung penuh IDCEX East Java 2022.

Penyelenggaraan IDCEX East Java 2022 oleh Digital Asset Academy sejalan dengan program pemerintah provinsi Jatim untuk pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan UMKM di wilayah Jatim.

Iwan juga memaparkan pentingnya sektor ekonomi kreatif yang menyerap 15,21% tenaga kerja dan berkontribusi 31,12% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.

Di tahun 2021 Koperasi dan UMKM berkontribusi 57,25% untuk PDRB Jatim. Ekspor Jatim di tahun 2021 meningkat 18,15% dan realisasi PMDN Jatim Rp 16,3 trilyun merupakan PMDN terbesar kedua nasional. 

Sementara itu, Frans Limbong  mengucapkan terima kasih pada Gubernur Jatim dan berbagai pihak yang mendukung misi  DAC mengadakan IDCEX East Java 2002.

"IDCEX East Java 2002 juga menyajikan edukasi publik di bidang ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan transformasi digital bagi para pelaku ekonomi kreatif demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan ketahanan budaya bangsa," katanya.

IDCEX East Java 2022 juga menggelar Talkshow "Perlindungan Aset Budaya Bangsa dan Ekonomi Kreatif di Era Digital Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional."

Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA yang juga pendiri Yayasan Cinta budaya Kain Tradisional Nusantara (CBKN) dalam talkshow tersebut mencanangkan tanggal 7 September sebagai Hari Tenun songket Nasional.

Prof. Anna mengusulkan Kepres untuk mengukuhkan kain tenun dan songket sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia. Kepres ini penting sebagai dasar hukum untuk pengakuan dunia internasuonal pada aset budaya bangsa Indonesia.

"Perlindungan seni budaya kain tenun dan songket tradisional warisan nusantara juga mulai dirintis Prof. Dr. Anna Maria menggunakan teknologi digital NFT bekerja sama dengan Digital Asset Academy," jelasnya. 

Setelah talkshow, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan DAC Award bagi para edukator ekonomi digital yang berjasa membangun dan membina komunitas pembelajar aset digital di berbagai daerah Indonesia dan mancanegara. 

Surabaya Art Expo yang pertama kali diadakan pada IDCEX East Java 2022 menampilkan 200 karya para pelukis Indonesia khususnya dari Jawa Timur senilai total lebih dari Rp 15 milyar.

Salah satu lukisan tertua karya pelukis Lesmono berusia 228 tahun, dilukis tahun 1794, kini sedang dalam proses produksi Relictum NFT Premium senilai $1 juta USDR.

Di penghujung acara IDCEX East Java, Muchlis Zahidy pelukis asal Tuban membuat  lukisan langsung di tempat dengan inspirasi rasa harmonis dan semangat bersinergi yang dirasakannya selama acara berlangsung.

Karyanya dilelang dengan GTN. Andreanus Gunawan seorang pelukis dari Surabaya menyerahkan dua lukisan pada Dr. Sulistya Putra dan Lola Haryanti dengan barter aset digital GTN.

HM Riyanto pelukis asal Gresik menyerahkan lukisan kaligrafi pertama dari Indonesia untuk Relictum NFT Islam. Ini menginspirasi para pelukis lainnya untuk barter lukisan dengan aset digital GTN. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT