25 March 2022, 16:27 WIB

Ini 10 Keyboard Gaming Terbaik yang Wajib Dilirik Para Gamer


mediaindonesia.com | Teknologi

Ist
 Ist
Seorang gamer sedang bermain game dengan menggunakan keyboard.  

TAK dinyana, keyboard merupakan peripheral yang krusial bagi para gamers karena menjadi item pengendali saat bermain game. Ketika salah meminang keyboard, skill dalam bermain game bisa terganggu.

Sayangnya, tidak semua gamers mengetahui keyboard khusus gaming mana yang tepat, tak terkecuali bagi yang baru berkecimpung di dunia e-sports.

Nah, berikut 10 keyboard mechanical gaming terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan skill bermain game.

1. NYK Nemesis MKN-01 Ezalor 

Salah satu keyboard mechanical mumpuni untuk para gamers berbajet tipis. Pasalnya NYK Nemesis MKN-01 Ezalor patut lirik karena dengan harga Rp340 ribu, para gamers bisa mendapatkan fitur mentereng.

Fiturnya seperti removable switch yang praktis, Outemu box switch yang berguna menimimalisir terkena debu, full keys anti-ghosting untuk meminimalisir kesalahan saat mengetik. Perangkat ini memiliki 2 Switch option yakni Red dan Brown.

2. Razer BlackWidow Chroma

Mer2k Razer banyak digunakan oleh para gamers profesional, tak terkecuali untuk produk keyboard-nya. Salah satu produk keyboard teranyarnya adalah Razer BlackWidow Chroma.

Keyboard mekanikal ini menjadi rekomendasi untuk para gamers lantaran keakuratan dan tingkat responsif baik yang dimilikinya.

Sebagai gaming mechanical keyboard, Razer telah melengkapi keyboard ini dengan efek warna pada tombol yang bisa diatur oleh penggunanya. Keyboard ini menawarkan 16 juta warna yang bisa para gamers ganti sesuka hati. 

3. Dareu EK871GTR Trinity 

Salah satu brand gaming peripheral ternama, Dareu, pada Februari 2022 lalu merilis keyboard mechanical terbarunya yakni EK871GTR Trinity.
Keyboard ini memiliki build up yang kuat dan sejumlah fitur mumpuni yang bisa gamers manfaatkan saat bermain game, di antaranya bisa Triple Mode (Bluetooth, wireless receiver, dan kabel). 

Sesuai namanya, EK871GTR Trinity memiliki layout 71% yang bisa membuat meja gaming para gamers menjadi lebih luas serta mudah dibawa ke mana-mana. 

Jangan lupa, Dareu EK871 menggunakan switch D-Switch yang bisa tahan sampai 50 juta klik dan tersedia 2 varian Switch, yakni Red serta Brown yang bisa digunakan untuk Hotswap Universal 3/5 Pin. 

4. Sades Kunai

Hadir untuk memenuhi permintaan pengguna setianya, Sades menghadirkan keyboard mechanical yang diberi nama Kunai SK868. 
Hadir dengan tampilan yang eye catching, fitur yang dihadirkan pada Kunai SK868 juga membuat gamers menitikkan air liur. 

Keyboard mini berukuran 65 persen yang menampilkan 68 keys ini memiliki 3 in 1 connection, yakni 2.4 GHz Wireless dengan dongle, bluetooth, dan wired tipe C. Tombolnya pun bisa diganti sesuai selera dan kebutuhan pengguna. 

5. Steelseries Apex M500

Gaming Keyboard Steelseries Apex M500 ini menjadi salah satu keyboard gaming menarik bagi para gamers, karena telah menggunakan switch Cherry MX dibalik setiap tutsnya.

Steelseries Apex M500 dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti full anti-ghosting yang berfungsi saat gamers memainkan game yang membutuhkan banyak kombinasi tombol ditekan secara bersamaan. 

Sebagai keyboard dengan fitur dan kualitas premium, tak heran jika kebanyakan para gamers menggunakan ini saat turnamen e-Sports.

6. Dareu EK861GTR Trinity

Rilis dengan waktu yang berdekatan dengan EK871GTR, Dareu juga turut menghadirkan  EK861GTR dengan fitur yang sama. Hanya saja EK861GTR memiliki desain 'lebih' minimalis karena memiliki layout 61 persen.

Dengan layout yang seperti ini, sudah jelas makin memberikan ruang yang lebih luas untuk meja gaming para gamers. Jangan lupakan kapasitas baterainya sebesar 1900mAh yang bisa bertahan hingga 20 hari.

7. Sades Tenka

Sades menghadirkan keyboard mechanical alternatif selain Kunai SK868, yaitu Sades Tenka. Keyboard ini memiliki switch Outemu Box yang tahan debu dengan dua opsi switch yakni Red (Linear) dan Brown (Tactile).

Tak hanya itu, Sades Tenka juga memiliki ragam fitur unggulan seperti full anti - ghosting keys, wired connection, 14 mode RGB backlight, 7 multimedia keys, dan Hot-Swappable (3/5 Pin with LED SMD Compatible).

8. Corsair Vengeance K70 RGB

Menggunakan Cherry MX Red yang dianggap sebagai saklar keyboard mekanik terbaik untuk aktivitas gaming, Corsair Vengeance K70 RGB merupakan keyboard mechanical yang menerapkan driver dengan banyak fungsi dan kokoh karena berbahan aluminium sehingga tahan akan benturan.

Selain itu, keyboard ini turut dilengkapi cahaya untuk menerangi tombol, jadi para gamers tak akan kesulitan dalam mengenali setiap tombol dengan fungsi berbeda. 

Penggunaan saklar mekanik pada keyboard ini memungkinkan para gamers menekan tombol sebanyak mungkin dalam waktu bersamaan dengan respon yang cepat.

Keyboard ini sangat cocok untuk bermain game action yang memerlukan banyak fungsi tombol secara bersamaan. 

9. Dareu A87 Hotswap 

Setelah sukses membuat gamers jatuh hati dengan A87 generasi sebelumnya, kali ini Dareu menghadirkan versi lain dengan menghadirkan A87 Hotswap. 

Sesuai namanya, dengan adanya fitur Hotswap para gamers bisa mengonta-ganti dari switch hingga keycaps. 

Dareu A87 Hotswap Mechanical Keyboard dengan build quality yang kokoh dengan dimensi keyboard Tenkeyless (TKL). Terakhir, keyboard ini terdapat detachable top cover yang dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah.

10. Sades Khanda

Sades benar-benar menghadirkan produk keyboard yang bisa memenuhi penggunanya dari berbagai kalangan, seperti keyboard Sades Khanda yang memiliki harga yang ramah di kantong.

Tapi jangan salah, meski memiliki harga miring, Sades tetap menjaga kualitas dengan menghadirkan fitur mentereng seperti Tenkeyless 87 Keys (anti ghosting), hot-swappable (3 Pin/Outemu Slot), ABS double injection keycaps - OEM profile, full anti-ghosting keys, wired connection, RGB Backlight.

Terakhir, dengan harga Rp300.000-an para gamers dimanjakan dengan switch outemu blue di Sades Khanda ini yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Dari 10 keyboard di atas, tentu saja memiliki harga yang berbeda namun kualitas dan fitur sangat mumpuni bagi para gamers. Tinggal menyesuaikan selera masing-masing keyboard mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT