16 March 2022, 11:25 WIB

Metro TV Bagikan Set Top Box Gratis untuk Masyarakat Prasejahtera


mediaindonesia.com | Teknologi

DOK. DITJEN IKP KOMINFO
 DOK. DITJEN IKP KOMINFO
MetroTV dan Kominfo membagikan set box digital kepada masyarakat pra sejahtera di Aceh dan Kaltim, Selasa (15/3/2022)

DALAM rangka mendukung pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) secara bertahap di seluruh Indonesia, Metro TV sebagai penyelenggara multipleksing bersama Kementerian Kominfo membagikan Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat prasejahtera, yang diserahkan secara simbolis oleh Arif Nugroho – HR, Finance & Technical Support Director Metro TV di Banda Aceh.

“Distribusi Set Top Box ini merupakan komitmen Metro TV dalam mendukung percepatan migrasi TV analog ke digital. Saat ini, kami mendistribusikan STB secara paralel di Provinsi Aceh dan Kalimantan Timur, selanjutnya masih ada ratusan ribu kuota STB yang akan dibagikan di daerah lain di Indonesia secara bertahap,” ujar Arif dalam keterangan tertulisya, Rabu (16/3/2022)

Dalam acara penyerahan simbolis tersebut, Kementerian Kominfo juga melakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah dan perangkat desa setempat tentang mekanisme pendistribusian serta pemasangan STB di rumah-rumah warga. Sebelumnya, Metro TV telah melakukan uji coba distribusi sebanyak 93 STB untuk masyarakat di Desa Sidangkarya, Serang, Banten pada 9 Maret 2022 lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembagian STB gratis ini merupakan upaya membantu masyarakat prasejahtera agar dapat menyaksikan siaran TV digital ketika ASO diterapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 11 tahun 2021, pelaksanaan ASO akan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pertama dilakukan paling lambat 30 April 2020, tahap kedua dilakukan paling lambat 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga dilakukan paling lambat 2 November 2022.

Melalui TV digital, masyarakat dapat menyaksikan siaran televisi dengan kualitas gambar resolusi tinggi, suara yang lebih jernih dan pilihan saluran televisi yang lebih banyak. (OL-13)

Baca Juga: Earphone Aonic Free dari Shure Mampu Blokir Suara Bising dari Luar

 

BERITA TERKAIT