14 March 2022, 11:14 WIB

YouTube Tambahkan Fitur Transkripsi di Aplikasi Android


Basuki Eka Purnama | Teknologi

AFP/Eric PIERMONT
 AFP/Eric PIERMONT
Logo Youtube

ANAK perusahaan Google, YouTube, menambahkan fitur transkripsi atau transcription untuk para pengguna aplikasi Android.

Layanan itu dihadirkan karena dinilai dapat membantu pengguna untuk lebih memahami video, khususnya untuk konten berdurasi panjang.

Melansir GSM Arena, Minggu (13/3), fitur itu memungkinkan pengguna juga untuk mengambil kutipan menarik yang disebutkan dalam konten YouTube dengan hasil transkripsi otomatis yang muncul jika fitur ini digunakan.

Baca juga: YouTube Perluas Blokir Media yang Disponsori Rusia Secara Global

Baru beberapa pengguna Android yang menerima pembaruan tersebut namun diharapkan nantinya layanan ini bisa hadir di seluruh ponsel pengguna Android yang menggunakan YouTube.

Untuk mengaktifkan fitur ini, nantinya pengguna bisa menggulir ke bagian bawah setelah deskripsi video.

Nantinya akan ada opsi Tampilkan Transkripsi, untuk hasil transkripsinya nanti akan memiliki tampilan yang sama dengan versi
desktop namun akan disesuaikan dengan UI masing-masing telepon pintar.

Kehadiran fitur itu menjadi bagian dari pembaruan yang dibawa Google secara besar-besaran untuk pengguna Andoroid dan Google Pixels secara global.

Beberapa pembaruan yang dibawa Google di antaranya layanan Transcribe yang bisa diakses secara offline tanpa internet, Google Photos dengan tampilan portrait yang lebih baik, hingga emoji- emoji baru di layanan pesan instan Google. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT