30 December 2021, 19:17 WIB

Maksimalkan Digitalisasi Pelayanan Publik


Candra Yuri Nuralam | Teknologi

MI/ MOHAMAD IRFAN
 MI/ MOHAMAD IRFAN
Menkominfo Johnny G Plate (kiri)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate berjanji akan memberikan sistem pelayanan publik yang baik dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Digitalisasi pelayanan publik itu bakal terus dikembangkan agar memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Pemerintah menghadirkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif. Salah satunya dengan penerapan SPBE atau e-government agar pelayanan kepada masyarakat dapat berlangsung lebih baik," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Kamis, (30/12). Johnny mengatakan Jokowi sudah memberikan perintah kepada bawahannya untuk memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat dengan sistem digital. Perintah itu merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini terus digadang-gadang pemerintah.

Digitalisasi pelayanan publik ini sudah disiapkan dengan matang melalui peta jalan Indonesia digital periode 2021 sampai 2024. Pembantu Kepala Negara tinggal melakukan eksekusi untuk menyempurnakan pelayanan publik dengan sistem digitalisasi.

"Peta jalan indonesia digital 2021-2024 memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital," ujar Johnny.

Johnny mengatakan pihaknya menjadi kementerian yang mempunyai tugas besar mengatur digitalisasi pelayanan publik ini berlangsung dengan baik. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal berusaha membuat sistem digital yang komprehensif.

"Kominfo sendiri, secara khusus mengambil tugas dan fungsinya sebagai government chief technology officer yang diatur di dalam Perpres SPBE," tutur Johnny.

Seluruh pegawai Kominfo diminta memaksimalkan kinerja untuk meracik sistem pelayanan publik terbaik. Hasil kinerja Kominfo harus bisa memuaskan masyarakat. "Ini semuanya tentu dalam rangka kemudahan dan efisiensi pelayanan publik," ucap Menkominfo. (J-2)

BERITA TERKAIT