02 November 2021, 07:30 WIB

Foto Terlalu Besar? Ini yang Bisa Anda Lakukan


Abdullah Aziz Rajudin | Teknologi

https://compressjpeg.com/id/
 https://compressjpeg.com/id/
Tangkapan layar dari laman daring https://compressjpeg.com/id/ 

SAAT ingin mengunggah foto tugas, lamaran kerja, atau jual beli daring namun selalu gagal biasanya adalah karena file foto yang dikirim terlalu besar. Jangan khawatir dan gundah gulana. Cara mengecilkan resolusi foto sebenarnya mudah lho. 

Kalian bisa mengompres foto menjadi berukuran lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dari foto dan dengan cara yang mudah. Nah, tahukah kalian apa itu kompres foto ? 

Baca juga: Ini Cara Mengunduh Foto dan Video dari Instagram

Mengompres berarti mengambil dan mengelompokkan kembali bagian-bagian foto sehingga membutuhkan ruang yang lebih sedikit. Walaupun ukurannya berkurang, kualitas foto tidak akan berbeda jauh daripada aslinya. 

Berikut adalah laman daring untuk memperkecil resolusi foto

1. https://compressjpeg.com/id/

Di situs ini, kalian bisa pilih foto.jpg atau .jpeg dari device atau hanya dengan menyeret file foto. Foto yang sudah kalian pilih akan secara otomatis diunggah dan dikompres. Lalu foto bisa diunduh dalam bentuk jpg, png, atau pdf

2. https://imagecompressor.com/id/

Di situs ini, kalian bisa pilih opsi unggah foto lalu pilih foto yang ingin kalian kompres. Atau kalian bisa drag langsung dari file manager ke tengah layar. 

Bahkan, di situ, kalian bisa mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto diproses untuk dikompres secara otomatis. Jika kalian merasa ukuran belum sesuai yang diinginkan, maka scrool ke bawah layar untuk mengubah level dari kompresinya.

3. https://www.img2go.com/id/kompres-gambar

Situs lain untuk mengompres foto dengan mudah ada di sini.  Sebelum proses kompresi, kalian harus mengunggah file foto terlebih dahulu. Di situs ini, kalian bisa mengambil foto dari google drive, file manager, ataupun file foto dengan memasukan url.

Kalian bisa menentukan kualitas foto yang akan dihasilkan. Semakin bagus kualitasnya, semakin besar ukuran file. Dengan demikian, kualitas yang lebih rendah juga akan mengurangi ukuran file. Kemudian klik mulai untuk memproses kompres foto. Hasil dari kompres foto di situs ini bisa kalian pilih dalam bentuk format .jpg atau .png

4. https://www.imgonline.com.

Merupakan salah satu web kompres yang sering digunakan untuk kompres file foto. Di halaman utama, kalian akan melihat beberapa fitur yang tersedia. Ada menu resize, convert, compress, dan lainya.  

Untuk mengecilkan ukuran foto, kalian bisa klik menu Compress.  Setelah berada di halaman Compress  Pilih ‘Choose File’.

Kalian bisa mengatur sendiri berapa persen foto tersebut akan dikompres/dikurangi ukurannya. Dengan cara, pada bagian Compression settings for JPG file, Size reduction megapixels pilih 20% atau 30%, tapi jika anda ingin ukuran file yang lebih kecil lagi pilih yang 60%.

Setelah proses selesai maka akan muncul halaman baru yang akan terlihat perbandingan ukuran file sebelum dikompres dan setelah dikompres.

5. https://tinyjpg.com/

Kalian bisa melihat gambar panda di situs ini. Seperti situs yang lain, tinyjpg juga mampu mengkompres foto maksimal 20 foto dalam waktu yang bersamaan. 

Kalian bisa memilih foto berformat .jpeg atau .png untuk dikompres. Foto yang dipilih untuk dikompres tidak bisa lebih dari 5mb. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diupload/ diunggah. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai. 

Setelah proses kompres selesai, kalian bisa melihat berapa persen foto tersebut dikompres, jika kalian merasa kurang maka ulangi kembali langkah sebelumnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT