15 September 2021, 20:03 WIB

Rayakan Ultah ke-3, Tokocrypto Siapkan Berbagai Inovasi Kuatkan Ekosistem Blockchain


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

Dok. Tokocrypto
 Dok. Tokocrypto
Ilustrasin perayaan ulang tahun Tokocrypto

PLATFORM perdagangan aset kripto, Tokocrypto resmi berusia 3 tahun hari ini. Platform yang punya komunitas bernama Tokonauts itu merupakan kini telah memiliki lebihd ari 1 juta pengguna dan lebih dari 300 ribu anggota komunitas.

CEO Tokocrypto Pang Xue Kai mengatakan, pihaknya akan selalu melahirkan inovasi dalam melakukan edukasi terhadap aset kripto dan pengembangan ekosistem blockchain di Indonesia, seperti peluncuran Toko Token (TKO) proyek kripto lokal Indonesia pertama yang menyediakan model token hybrid unik pada April lalu.

"Di bulan April lalu kami  meluncurkan Toko Token (TKO) proyek kripto lokal Indonesia pertama yang menyediakan model token hybrid unik serta mengkombinasikan tiap keunggulan dari dua dunia dalam blockchain, yaitu CeFi dan DeFi. Selain itu, TokoMall, sebagai NFT marketplace juga telah hadir di bulan Agustus lalu, sebagai proyek pengembangan utilitas dari TKO," kata Pang Xue Kai.

Dalam merayakan ulang tahun ke-3, Tokocrypto menggelar rangkaian perayaan virtual lewat platform gather town. Di sisi lain, sejumlah fitur dan program juga dihadirkan Tokocrypto untuk pengguna, salah satunya dengan kehadiran NFT sepsial Tokoscape di TokoMall.

“Koleksi NFT Tokoscape ini spesial hadir di ulang tahun ketiga Tokocrypto dimana menggambarkan keseluruhan ekosistem blockchain yang kami bangun seperti TKO, TokoMall, T-Hub, TokoLaunchpad, dan TokoCare. Koleksi TokoScape ini akan hadir secara eksklusif sebanyak 300 edisi. Total transaksi yang terkumpul dari koleksi ini akan disalurkan untuk donasi melalui TokoCare guna membantu penanggulangan isu sosial hingga kesehatan di Indonesia,"  ujar Chung Ying Lai, Chies Strategy Tokocrypto.

Ying menambahkan, ekosistem TokoMall juga semakin berkembang karena lebih dari 1.000 kreator telah mendaftar dan menunggu verifikasi.

Para kreator lokal ini nantinya akan menambah deretan merchant partner yang sudah bergabung di TokoMall seperti Si Juki, DAMN! I Love Indonesia, Nevertoolavish. Soresore, MrKinur, Jakarta Metaverse, Banyan Core, Maximall Footwear, dan lainnya.

Selain itu, program 1TKO1Indonesia yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia lebih mengenal ekosistem kripto di Indonesia, sekaligus memahami visibilitas Tokocrypto dan TKO juga terus digencarkan.

Baca juga : Dengan Blockchain, Baby Bali Token Kenalkan Koin Kripto Berbasis Pariwisata

Harapannya dengan 1TKO1Indonesia, setiap masyarakat Indonesia bisa memiliki setidaknya 1 TKO dimana dalam roadmapnya akan dikembangkan untuk mendukung kebutuhan market Indonesia dalam beberapa hal seperti penggunaan TKO untuk redeem NFT di TokoMall. 

Khusus di ulang tahun kali ini, Tokocrypto memberikan program spesial untuk anggota baru Tokonauts yakni gratis 3 TKO jika melakukan registrasi dan verifikasi data langsung pada periode 10 -21 September 2021, juga doorprize senilai 3 BTC bagi 30 orang beruntung.

Dari sisi exchange, salah satu fitur yang akan segera hadir adalah CryptoHero Bot, yang akan membantu para pengguna untuk melakukan trading secara lebih mudah.  

“Feedback dari Tokonauts merupakan salah satu prioritas kami dalam membangun produk ataupun menambahkan fitur tertentu. Kehadiran CryptoHero ini merupakan salah satu yang dinantikan oleh Tokonauts berdasarkan survei yang kami jalankan beberapa waktu lalu. Nantinya Tokonauts bisa memfungsikan bot ini untuk trading di website Tokocrypto,” tambah Kai.

CryptoHero adalah platform bot perdagangan aset kripto berbasis cloud yang dapat melakukan trading 24/7 di bursa kripto. Bot CryptoHero ini dirancang sederhana dan intuitif untuk diatur dan dioperasikan oleh pemula kripto. Dengan kolaborasi Tokocrypto dan CryptoHero Bot, berbagai kemudahan dapat dinikmati para user Tokocrypto, antara lain; materi dengan Bahasa Indonesia dan pairing BIDR yang dapat ditemukan di CryptoHero Bot serta beberapa kemudahan lainnya yang akan diumumkan dalam waktu dekat. 

Sebagai wujud dari kepedulian Tokocrypto terhadap masukan-masukan yang diberikan Tokonauts, Fitur small balance conversion dihadirkan kembali di platform Tokocrypto. Fitur ini memudahkan para investor untuk mengkonversikan saldo yang tersisa dari wallet crypto yang tidak dapat diperdagangkan karena jumlahnya yang terlalu kecil. Adapun aset yang dikategorikan sebagai aset kecil adalah aset dengan nilai <0,0003 BTC. 

Kedepan, Tokocrypto berkomitmen membangun ekosistem teknologi blockchain dan industri aset kripto yang lebih mapan melalui beberapa inisiatif seperti TokoLaunchpad (proyek akselerator pertama yang memberdayakan start-up dengan teknologi blockchain dan tokenisasi di Indonesia), TokoCare (inisiatif CSR Tokocrypto), T-Hub (pusat pendidikan bagi komunitas, enterpreneur dan masyarakat umum untuk mengenal lebih lagi industri aset kripto dan teknologi blockchain), TokoScholar (program beasiswa yang juga membuka jalan bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari investasi aset kripto) dan akan masih banyak lagi kehadiran proyek-proyek pengembangan utilitas TKO. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT