15 July 2021, 22:25 WIB

Ingin Mahir Di Dunia Hacking ? Ini Kemampuan yang Perlu Dikuasai


M. Ilham Ananditya | Teknologi

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi hacking

BAGI sebagian orang yang sudah lama bergelut dengan dunia informasi teknologi dan keamanan siber, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah hacker dan hacking.

Singkatnya, hacker adalah sebuah profesi bagi individu tertentu yang memiliki kemampuan untuk dapat masuk ke sistem komputer orang lain tanpa izin dan sering kali dianggap sebagain sebuah tindakan kriminal. Istilah hacker biasanya memang mempunyai konotasi yang negatif.

Dalam dunia hacker, terdapat dua istilah bagi para hacker yaitu White Hat dan Black Hat. White Hat memiliki artian hacker yang menggunakan keahliannya untuk hal-hal positif seperti menjaga keamanan suatu sistem, meperbaiki sisi lemah suatu website, dan memperkuat sisitem pertahanan suatu website.

Sedangkan, Black Hat merupakan hacker yang menggunakan keahliannya untuk melakukan kegiatan kejahatan seperti membobol kartu kredit, masuk kedalam sebuah sistem dengan tujuan mencuri, dan kejahatan lain yang berhubungan dengan kejahatan di dunia internet.

Baca juga : Fluke Network Luncurkan Pendeteksi Kegagalan Ethernet Industri

Kemampuan dasar komputer tentunya adalah hal yang wajib dimiliki bagi seseorang yang ingin menjadi hacker, mengerti soal jaringan internet menjadi wajib hukumnya, sistem operasi seperti Linux memudahkan peretasan berkat dukungan tool yang digunakan, memahami perangkat lunak wireshark untuk menganalisis masalah jaringan, memahami bentuk cetak biru dari sebuah dari sebuah komputer untuk dilakukan sebuah pengujian terlebih dahulu sebelum peretasan dimulai.

Selain itu tentunya, pemahaman konsep keamanan dan privasi internet menjadi salah satu skill penting dalam aspek keamanan internet yang perlu dipelajari lebih mendalam, dan memahami database serta fungsi kegunaan teknologi jaringan nirkabel.

Cara diatas bisa menjadi panduan untuk anda yang ingin belajar hacking. Tentunya dunia IT tidak sekedar programming. Banyak sekali disiplin ilmu yang bisa menyesuaikan dengan passion selain itu. Dengan sering membaca sumber ilmu dari berbagai kanal di internet, maka bisa dengan mudah semakin memahami dunia hacking. (OL-7)

BERITA TERKAIT