24 June 2023, 19:31 WIB

Piala Dunia U-17 Jadi Fondasi Kemajuan Sepak Bola Indonesia


Media Indonesia | Sepak Bola

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) saat jumpa pers Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, di Jakarta, Sabtu (24/6).

SETELAH gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kini FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Rencananya FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November-2 Desember 2023.

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 dikarenakan Peru yang dinilai FIFA tidak siap menyelenggarakan perhelatan piala dunia usia dini tersebut.

Baca juga: FIFA Tunjuk Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku bersyukur badan sepak bola dunia FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Selain karena infrastruktur sepak bola di Peru tidak siap, Erick menduga penetapan Indonesia sebagai tuan rumah karena faktor positif yang ditunjukkan Indonesia selama tiga bulan terakhir seperti perbaikan sarana stadion dan pertandingan FIFA Match Day.

Pendiri Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Taufik Jursal Effendi mengapresiasi langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang terus mengusahakan perhelatan FIFA dapat diselenggarakan di Indonesia.

Menurut Taufik, langkah Erick yang terus mengusahakan terselenggaranya Piala Dunia U-17 di Indonesia merupakan langkah sangat tepat untuk membenahi sepak bola.

Baca juga: PSSI Berharap Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

"Untuk dapat melaju ke Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia senior, perlu dibangun fondasi kuat. Fondasi tersebut dapat dilihat dari kesiapan pemain sepak bola usia dini," ujar dia melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (24/6).

Taufik memberikan contoh. Sebelum Jepang bisa berlaga di Piala Dunia senior, Asosiasi Sepak Bola Jepang menggalakkan sepak bola usia dini yang dimulai dari memperbanyak kegiatan dan kompetisi di sekolah atau sekolah bola.

Dari kompetisi tersebut, Jepang mempersiapkan menuju Piala Dunia U-17. Setelah itu, melanjutkan ke Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia senior.

Taufik menilai Piala Dunia U-17 ialah fondasi penting bagi Indonesia untuk dapat melaju ke Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia senior. Hal itu pun pernah ia lontarkan pada 2007 saat Ketua Umum PSSI Nurdin Halid.

Baca juga: Punya Lapangan Standar FIFA, Sumsel Paling Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

“Ide saya pada 2007 itu diwujudkan Ketua Umum Erick Thohir. Apa yang diperjuangkan Erick untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-17 merupakan mimpi kita sebagai bangsa Indonesia untuk menuju Piala Dunia senior," ujarnya.

Dengan Indonesia masuk sebagai peserta di Piala Dunia U-17, menurut Taufik, juga membuat sekolah sepak bola usia dini di Tanah Air semakin bergairah. Akibatnya, banyak klub yang ingin pesertanya masuk menjadi pemain nasional U-17.

“Melalui Piala Dunia U-17 akan membuat percepatan regenerasi pemain sepak bola di Indonesia. Ini merupakan titik awal kebangkitan sepak bola Indonesia. Harapannya ke depan pemain pribumi yang berprestasi akan mendominasi," tutup CEO Persija Barat tersebut. (RO/S-2)
 

BERITA TERKAIT