21 June 2023, 10:37 WIB

Tampil 200 Kali untuk Timnas Portugal, Ronaldo Masuk Guinness Book of Records


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Halldor KOLBEINS
 AFP/Halldor KOLBEINS
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo saat menerima plakat Guinness Book of World Record saat akan tampil di laga ke-200 besama Portugal.

CRISTIANO Ronaldo kembali menorehkan rekor dan sejarah setelah pada Rabu (21/6) pemain timnas Portugal itu masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai pemain dengan penampilan internasional terbanyak.

Ronaldo mencatatkan penampilan ke-200 bersama Portugal saat menang 1-0 atas Islandia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2024 di Laugardalsvollur, Rabu (21/6) dini hari WIB.

Piagam penghargaan dari Guinness Book of Record itu diberikan kepada Ronaldo sebelum sepak mula. Kapten timnas Portugal tersebut memecahkan rekor pada 19 tahun 304 hari sejak debut bersama negaranya.

Baca juga: Torehkan 200 Penampilan di Timnas, Ronaldo: Bukti Cinta Saya kepada Negara

Tidak hanya mencatatkan laga ke-200, Ronaldo juga mencetak gol kemenangan bagi Portugal di pertandingan tersebut jelang waktu normal habis.

"Saya sangat bahagia, ini satu momen yang Anda tidak menyangka untuk meraih 200 penampilan. Bagi saya ini pencapaian yang sulit dipercaya," kata Ronaldo dalam wawancara bersama UEFA TV usai pertandingan yang dikutip AFP.

"Untuk berada di dalam Guinness Book of World Records itu luar biasa, tentu saja bisa mencetak gol membuatnya menjadi lebih spesial," tambahnya.

Baca juga: Tampil di Laga Ke-200 untuk Portugal, Ronaldo Pastikan Kemenangan Atas Islandia

"Saya berterima kasih kepada Islandia, masyarakat, fan yang berada di stadion atas penghargaan yang dibuat untuk saya. Juga untuk Timnas Portugal, federasi. Saya amat bahagia, ini hari yang spesial dan saya mengucapkan terima kasih untuk semuanya," lanjut Ronaldo.

Selain jumlah penampilannya yang fantastis, Ronaldo kini sudah mencatatkan 123 gol bersama Portugal. Penyerang Al Nassr itu telah mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 dan Liga Negara UEFA untuk negaranya. (Ant/Z-1)

BERITA TERKAIT