25 April 2023, 05:30 WIB

Gara-Gara Yel Rasis, 171 Pendukung Juventus Didenda dan Dilarang Masuk Stadion


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Isabella BONOTTO
 AFP/Isabella BONOTTO
Pendukung Juventus

KEPOLISIAN Turin, Senin (24/4), mengatakan telah menjatuhkan hukuman denda dan larangan masuk stadion kepada 171 pendukung Juventus yang melontarkan yel-yel rasis terhadap penyerang Inter Milan Romelu Lukaku.

Di laga leg pertama semifinal Coppa Italia antara Juventus dan Inter Milan, 4 April lalu, Lukaku menjadi sasaran suara monyet dari sejumlah pendukung Juventus.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kepolisian Turin mengaku telah mengambil tindakan terhadap pelaku aksi rasisme di laga semifinal Coppa Italia itu. Namun, mereka tidak menyebut besaran denda serta berapa lama larangan masuk stadion yang dijatuhkan itu.

Baca juga: Juventus Dihukum Penutupan Sebagian Tribun karena Aksi Rasisme Pendukung

Beberapa hari setelah laga itu, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menjatuhkan hukuman penutupan tribun di satu laga kepada Juventus namun dibatalkan setelah Bianconeri mengajukan banding.

Lukaku juga diskors satu laga setelah diusir wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua untuk selebrasinya di hadapan para pendukung Juventus.

Penyerang Belgia itu meletakkan jari di bibirnya, meminta para pendukung Juventus untuk diam.

Baca juga: Gol Lukaku Pastikan Inter Imbangi Juventus di Leg Pertama Semifinal Coppa Italia

Namun, skorsing itu kemudian dicabut setelah FIGC mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Lukaku pun bisa tampil di laga leg kedua semifinal Coppa Italia di Milan, Kamis (27/4) dini hari WIB mendatang. (AFP/Z-1)

BERITA TERKAIT