23 March 2023, 14:50 WIB

Penolakan Kehadiran Timnas Israel Dipertanyakan Asprov Sulsel


mediaindonesia.com | Sepak Bola

Antara
 Antara
Penolakan terhadap kedatangan timnas Israel ke Piala Dunia U-20 dipertanyakan. 

PELAKSANA Tugas (Plt) Ketua Asprov PSSI Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Suryam mempertanyakan penolakan tim nasional (timnas) Israel di Piala Dunia U-20 2023. 

Menurutnya Indonesia tidak memiliki alasan menolak kedatangan timnas Israel. Selaku tuan rumah, Indonesia sudah menyatakan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 sejak 2017. Israel lolos ke ajang tersebut dan juga anggota FIFA

"Mohon untuk menghilangkan ego dan kaitan politik terlebih dahulu. Kita harus memberikan dukungan yang maksimal untuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ini ajang yang sangat bergengsi dan tidak mudah menjadi tuan rumah,’’ kata Muhammad Suryam.

Baca juga: FIFA Lakukan Pengecekan Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia

Suryam menegaskan tetap mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Namun terkait sepak bola, dirinya tentu tidak bisa menolak Israel bermain. Apalagi sanksi FIFA akan mengancam Indonesia bila hal tersebut terjadi. 

‘’Jangan sampai Israel tidak bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023. Kita tentu akan dihukum FIFA dan efeknya tidak bisa menyelenggarakan event-event internasional sepakbola. Pembinaan sepakbola Indonesia bisa terpengaruh dan mengalami kemunduran,’’ jelasnya. 

Baca juga: PDI-P Jakarta Tolak Kedatangan Timnas Israel

Suryam berharap pemerintah tetap fokus mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Apalagi saat ini FIFA sedang melakukan check terakhir terkait persiapan Indonesia dan tanggal 31 Maret mendatang ada drawing Piala Dunia U-20 2023 ini. 

‘’Kami berharap seluruh tim termasuk Israel dapat bermain dengan aman, nyaman dan enjoy selama di Indonesia. Buktikan bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan berprestasi." (RO/Z-3)

BERITA TERKAIT