14 February 2023, 18:51 WIB

Manchester City Siap Memburu Arsenal di Liga Primer Inggris


Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola

AFP
 AFP
Potret pertandingan Manchester City kontra Arsenal.

DUEL besar Manchester City melawan Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris, bakal menjadi laga genting bagi kedua tim dalam perebutan gelar musim ini. 

Meski bermain tandang di Stadion Emirates, City dalam mental positif dengan ambisi memburu Arsenal di puncak klasemen yang hanya terpaut tiga angka. The Citizens berpeluang menggeser posisi Arsenal, jika mampu mencuri poin penuh, meski the Gunners masih memiliki tabungan satu pertandingan. 

Apalagi, Pep Guardiola punya modal apik di Stadion Emirates. Dari tujuh lawatan terakhir ke markas Arsenal, City memboyong lima kemenangan dan satu hasil imbang. Meski punya bekal positif, City menyadari Arsenal pada musim ini menjelma menjadi tim yang lebih kuat.

Baca juga: Gakpo Cetak Gol, Liverpool Menangi Derby Merseyside

"Ini akan menjadi salah satu pertandingan terberat yang kami mainkan dalam beberapa tahun terakhir. Melawan Arsenal yang sangat kuat dengan gaya permainan yang sangat mirip dengan pelatih yang hebat dan tim hebat," ungkap Kapten Manchester City Ilkay Gundogan.

"Kami siap untuk bertandang, kami akan pergi ke London untuk mencoba memenangi pertandingan dan mendapatkan tiga poin meskipun kami tahu itu akan sulit," imbuh gelandang timnas Jerman.

City dalam mental lebih baik karena mampu kembali ke jalur kemenangan setelah kekalahan dari Tottenham Hotspur. Gundogan dan kawan-kawan di laga terakhir liga membekuk Aston Villa 3-1 pada akhir pekan lalu.

Di sisi lain, Arsenal belum memetik kemenangan lagi sejak disisihkan City di ajang FA Cup, akhir Januari lalu. Di markas Everton, Martin Odegaard dan kawan-kawan takluk 0-1 lalu di kandang ditahan Brentford 1-1 akhir pekan lalu.

Akan menjadi ujian berat bagi Mikel Arteta untuk mematahkan rekor sang mentor ketika dulu sama-sama di tim kepelatihan City. Dengan gaya permainan yang sama, duel kedua tim bakal sengit mengandalkan pressing tinggi.

Baca juga: Chairman Spurs Tuding Liga Primer Inggris Dikuasai Klub Super Kaya

Hanya saja, Arsenal dihadapi masalah rotasi dan potensi kelelahan. Daftar cedera termasuk di lini depan Gabriel Jesus membuat Arteta tak punya kemewahan opsi pemain seperti yang dimiliki Guardiola.

Pada lini serang, pilihan Arteta terbatas pada rekrutan anyar Leandro Trossard sedangkan alternatif di lini tengah ia menaruh harapan pada Jorginho.

"Pertanyaan-pertanyaan itu (kedalaman skuad) selalu muncul ketika kami kehilangan satu atau dua poin," kata Arteta.(AFP/Manchester Evening/OL-11)

BERITA TERKAIT