04 January 2023, 19:53 WIB

Piala AFF 2022, Timnas Vietnam Minta Jaminan Keamanan Selama Di Indonesia


Widhoroso | Sepak Bola

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi

FEDERASI Sepak Bola Vietnam (VFF) meminta jaminan keamanan selama timnas Vietnam berada di Indonesia. Vietnam akan menghadapi Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1).

Presiden VFF, Tran Quoc Tuan mengatakan VFF tidak ingin mengalami nasib seperti Thailand saat menjalani laga Grup A. Kala itu, bus tim dilempari fans Indonesia yang juga memperlihatkan gestur tak pantas.

"AFF menambah dua pakar keamanan dan mengundang dua pengawas pertandingan dari AFC dan FIFA untuk memastikan penyelenggaraan laga semi-final. Sebelum Vietnam bertanding, saya harap tim dilindungi dengan ketat,” ucap Quoc Tuan.

Lebih jauh, Tran Quoc mengatakan kedatangan mereka ke Jakarta tidak mudah. Skuad Vietnam langsung bertolak ke Ho Chi Minh City tak berapa lama setelah menundukkan Myanmar 3-0 pada laga pamungkas Grup B di Hanoi. 

Tran Quoc mengungkapkan, staf pelatih asal Korea Selatan sempat kesulitan masuk ke Indonesia karena tak mempunyai visa. Quoc Tuan pun menghubungi kedutaan besar Vietnam, serta perwakilan AFF (federasi sepakbola Asia Tenggara) untuk meminta bantuan.

"Tim menghadapi masalah saat ingin masuk ke Indonesia pagi ini, karena ada lima paspor Korea Selatan yang harus mempunyai visa. Namun kami mengatasinya dengan cepat setelah meminta bantuan kepada kedutaan besar Vietnam dan perwakilan AFF,” tutur Tran Quoc.

“Akhirnya tim bisa masuk ke Indonesia tanpa harus memakai visa. Secara terpisah, tim langsung menuju ke tempat penginapan untuk beristirahat, sedangkan pengurusan dokumen dilakukan nanti,” jelasnya. (Goal/OL-15)


 

BERITA TERKAIT