06 December 2022, 23:24 WIB

Termuda Setelah Pele, Gavi Cetak Rekor


Widhoroso | Sepak Bola

AFP
 AFP
Pemain Tmnas Spanyol, Gavi 

GELANDANG belia timnas Spanyol, Gavi, menjadi pemain termuda yang tampil sebagai starter di fase gugur Piala Dunia sejak pemain legendaris Brasil, Pele. Rekor itu diraih Gavi setelah ia menjadi starter skuat Spanyol saat menghadapi Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City, Selasa (6/12).

Pemilik nama lengkap Pablo Martin Paez Gaviria itu tampil berdampingan dua rekan setimnya di Barcelona, yakni Pedri dan kapten Sergio Busquets di lini tengah Tim Matador. Saat ini, Gavi berusia 18 tahun dan 123 hari, 

Gavi selalu dipercaya tampil sejak menit pertama sejak laga pertama fase grup saat Spanyol mengalahkan Kosta Rika 7-0. Ia menyumbangkan satu gol dalam kemenangan besar La Roja tersebut. Sang remaja menjadi pemain termuda yang tampil sejak awal laga di fase gugur Piala Dunia setelah Pele tampil di final Piala Dunia 1958 Swedia saat berusia 17 tahun dan 249 hari.

Kala itu, Pele mencetak dua gol untuk mengalahkan sang tuan rumah dengan skor 5-2 untuk memenangkan trofi Piala Dunia pertama Brasil dari lima gelar selanjutnya. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT