05 December 2022, 08:15 WIB

Tampil di Piala Dunia, Soler Tegaskan tidak Menyesal Hijrah ke PSG


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/JAVIER SORIANO
 AFP/JAVIER SORIANO
Gelandang timnas Spanyol Carlos Soler 

CARLOS Soler mengatakan dirinya tidak menyesal pindah ke Paris Saint-Germain dari Valencia, awal musim ini, dan menegaskan tidak pernah takut tidak dipanggil ke timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022 karena keputusannya itu.

Gelandang berusia 25 tahun itu jarang dimainkan di PSG namun tetap dipanggil oleh pelatih timnas Spanyol Luis Enrique meski banyak saingan untuk mengisi posisinya.

"Dia tidak terbiasa menjadi starter," ejek rekan setim Soler di PSG Kylian Mbappe, setelah Les Parisien mengalahkan Juventus di Liga Champions, November lalu.

Baca juga: Luis Enrique Akui Spanyol Kehilangan Kendali dan Panik

Namun, Soler, sebelum Piala Dunia 2022 bergulir memastikan bahwa dia mulai menemukan permainannya di PSG.

"Saya banyak berpikir mengenai keputusan saya karena tidak mudah meninggalkan tanah air, tempat Anda menghabiskan seluruh hidup saya," ungkap Soler dalam wawancara pada Minggu (4/12).

"Namun, saya memang ingin pindah, hijrah ke klub besar yang berada di level atas Eropa, berusaha memenangkan gelar dan bermain sebanyak mungkin. Saat ini, saya sangat bahagia karena saya telah melalui fase belajar di sana."

"Sebulan terakhir, saya merasa semuanya berjalan dengan baik. Saya bermain lebih banyak dan membantu tim. Itulah yang saya inginkan," lanjutnya.

Ketika ditanya mengenai minimnya penampilannya di PSG bisa mengancam posisinya di timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Soler mengaku tidak pernah khawatir.

"Saya tidak pernah khawatir. Mungkin itu pernah muncul di kepala saya karena itu tidak bisa dihindari dan orang-orang mengatakan itu kepada Anda. Namun, pada akhirnya, saya percaya diri," ungkapnya.

"Saya merasa kerja saya di timnas cukup bagis dan apa yang saya lakukan di lapangan juga bagus."

"Pada akhirnya, itu yang terpenting. Percaya pada diri sendiri. Saya merasa saya cukup penting bagi timnas dan optmistis dipanggil," imbuh Soler.

Soler masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol kala Spanyol melumat Kosta Rika 7-0. Namun, dia kemudian absen saat Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Jerman dan kalah 2-1 dari Jepang.

Di lini tengan Spanyol, Enrique tampaknya memutuskan untuk mengandalkan trio Barcelona Sergio Busquets, Pedri, dan Gavi. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT