30 November 2022, 04:53 WIB

Kalahkan Wales, Inggris Melaju ke 16 Besar Sebagai Juara Grup B


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/JAVIER SORIANO
 AFP/JAVIER SORIANO
Laga Piala Dunia 2022 antara Inggris dan Wales.

INGGRIS melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022 untuk menghadapi Senegal ketika dua gol Marcus Rashford dan sebuah gol Phil Foden membawa mereka menang 3-0 atas Wales, yang menduduki urutan buncit Grup B dengan satu poin, Rabu (30/11) dini hari WIB.

Tim asuhan Gareth Southgate menyegel tempat pertama Grup B berkat kontribusi Rashford dan Foden, yang dipasang kembali menjadi starter Inggris.

Foden membuktikan dia memang harus dipasang lebih awal ketika memenangkan tendangan bebas yang dikonversi Rashford untuk memecah kebuntuan pada awal babak kedua laga di Stadion Ahmad bin Ali di Doha itu.

Baca juga: Gol Koulibaly Pastikan Senegal Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Foden menggandakan keunggulan Inggris, beberapa detik kemudian, yang otomatis mengakhiri Battle of Britain dan Rashford menyerang lagi untuk memastikan Piala Dunia pertama Wales sejak 1958 berakhir dengan kekecewaan.

Inggris menang untuk kedua kalinya dalam sembilan pertandingan terakhir mereka.

Babak pertama menunjukkan Three Lions masih memiliki ruang untuk perbaikan di tengah upaya memburu trofi besar pertama sejak Piala Dunia 1966.

Tapi, mereka menghancurkan Wales setelah jeda yang menaikkan optimisme menjelang pertarungan melawan runner-up Grup A Senegal, akhir pekan ini.

Rashford, yang merupakan salah satu dari empat perubahan dalam skuat Inggris, mendapatkan peluang emas untuk membawa Inggris unggul cepat ketika dia memanfaatkan umpan Harry Kane.

Tetapi, dia terlalu lama menembak sehingga kiper Danny Ward menyelamatkan gawangnya.

Wales nyaris tidak bisa keluar dari daerah pertahanannya sendiri karena Inggris memonopoli penguasaan bola.

Saat Inggris meningkatkan tempo dan kian menekan, mereka langsung menerobos pertahanan Wales, namun tembakan Foden melebar.

Kapten Wales Gareth Bale kembali tidak memiliki dampak sehingga kemudian diganti di babak pertama karena cedera.

Namun, dalam waktu enam menit setelah restart, absennya Bale malah mempercepat kekalahan Wales.

Foden menjadi katalisator untuk gol pembuka Inggris saat merangsek ke depan untuk memenangkan tendangan bebas pada menit ke-50 yang dieksekusi dengan baik oleh Rashford ke sudut jauh gawang Ward dari jarak 25 yard.

Inggris makin kesetanan dan kembali mencetak gol, 60 detik kemudian, ketika Rashford mencuri bola dari Wales untuk diumpankan kepada Kane yang diteruskan kepada Foden untuk diubah menjadi gol.

Kieffer Moore mencoba menyelamatkan Wales tetapi Jordan Pickford dengan baik mementahkan peluang Wales ini. Beberapa saat kemudian malah Rashford membuat gol ketiganya dalam turnamen ini pada menit ke-68.

Umpan panjang Kalvin Phillips mengirim Rashford berlari ke sayap kanan untuk kemudian menusuk ke dalam kotak penalti Wales sebelum melepaskan tembakan rendah yang melalui kaki Ward.

Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT