28 November 2022, 20:15 WIB

Menpora: Polri Belum Putuskan Kelanjutan Liga 1


Akmal Fauzi | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kiri) bersama Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus

KELANJUTAN kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 belum menemui titik terang. Setelah melakukan rapat koordinasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Polri, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (28/11), masih ada pembahasan lanjutan yang harus dilakukan terkait standar keamanan penyelenggaraan kompetisi.

Hal-hal teknis penyelenggaraan sepak bola akan kembali dibahas oleh PT LIB dan Polri pada Selasa (29/11). Pertemuan itu juga akan membahas implementasi Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga yang baru diterbitkan Kapolri pada 4 November 2022 lalu.

"Besok siang, kami bersama sejumlah panitia pelaksana diundang Polri untuk melakukan finalisasi agar segala sesuatunya clear dan tidak mengalami hambatan," kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

PT LIB menginginkan Liga 1 dilanjutkan dengan format gelembung di Jawa Tengah dan Yogyakarta serta digelar tanpa penonton. Format ini akan diterapkan sampai putaran pertama Liga 1 yang terhenti pada pekan ke-11 akibat Tragedi Kanjuruhan di Malang yang merenggut 135 jiwa.

Baca juga: Menteri PU-Pera Bantah Menpora soal Renovasi SUGBK

Ada enam pertandingan tersisa pada putaran pertama yang akan digelar di empat stadion yakni Stadion Maguwoharjo di Sleman, Stadion Moch Soebroto di Magelang, Stadion Sultan Agung di Bantul dan Stadion Jatidiri di Semarang.

Menurut Menpora Zainudin mengatakan PT LIB dan Polri akan membahas upaya transformasi sepak bola nasional sebelum diputuskan kelanjutan kompetisi Liga 1.

"Masih ada satu tahapan lagi untuk rumuskan terakhir, kemudian Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini akan lanjut atau tidak. Polri masih butuh satu kali lagi rapat koordinasi khusus untuk pengamanan. Polri juga sudah melakukan (upaya perbaikan) secara progresif terkait pengamanan," kata Zainudin

Ketua PSSI Mochamad Iriawan menambahkan, selain membahas penyelenggaraan Liga 1, rapat koordinasi ini juga membahas persiapan bergulirnya lagi Liga 2 dan Liga 3. PSSI juga sudah menyerahkan hasil evaluasi dari tim investigasi PSSI seusai Tragedi Kanjuruhan.

"Kami berharap untuk bisa menggulirkan kompetisi liga agar anak-anak bisa menjaga performa dengan kompetisi," kata Iriawan. (OL-4)

BERITA TERKAIT