28 November 2022, 04:30 WIB

Neville Imbau Keluarga Glazers Berkomunikasi dengan Pendukung Terkait Penjualan MU


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/ANTHONY DEVLIN
 AFP/ANTHONY DEVLIN
Seorang pendukung Manchester United berswafoto di depan spanduk bertuliskan, 'Love United, Hate Glazers' di luar Old Trafford.

GARY Neville mengimbau keluarga Glazers untuk meninggalkan Old Trafford dengan baik dengan berkomunikasi dengan para pendukung Manchester United mengenai calon pembeli klub Liga Primer Inggris itu.

Keluarga Glazers, awal pekan lalu, mengatakan siap menjual Manchester United, mengakhiri kepemilikan mereka atas Setan Merah yang telah berlangsung selama 17 tahun.

Keluarga Glazers tidak populer di mata para pendukung Manchester United sejak mereka menggelontorkan dana sebesar 790 juta pound sterling untuk membeli Setan Merah pada 2005 karena membebani klub itu dengan utang.

Baca juga: Apple Bersiap Jadi Pemilik Baru Setan Merah

Kekecewaan terhadap keluarga asal Amerika Serikat itu terus meningkat selama sembilan tahun terakhir karena performa Manchester United yang terus merosot sejak pensiunnya Alex Ferguson pada 2013.

Manchester United sudah tidak menjadi juara Liga Primer Inggris sejak musim pamungkas Fergsuon pada 2012-13 dan sudah tidak memenangkan gelar apa pun sejak 2017.

Saat ini, Manchester United menduduki peringkat lima klasemen Liga Primer Inggris, tertinggal 11 poin dari pemuncak klasemen Arsenal.

Neville, yang kini menjadi komentator sepak bola, mengatakan, "Keluarga Glazers tidak akan pernah bisa meninggalkan Manchester United dengan baik namun mereka bisa melakukannya dengan lebih menyenangkan jika melakukannya dengan baik."

"Selama beberapa bulan ke depan, saya berharap mereka berkomunikasi dengan para pendukung mengenai calon pembeli klub," lanjutnya.

Neville, yang menghabiskan hampir 20 tahun sebagai pemain Manchester United, menambahkan keluarga Glazers tidak memiliki dana yang memadai untuk membuat Setan Merah bersaing dengan klub-klub besar Eropa.

"Selama enam bulan terakhir, saya telah mengatakan bahwa keluarga Glazers harus menjual seluruh atau sebagian dari Manchester United," ungkap Neville. "Ada kebutuhan dana segar untuk klub. Itupun hanya untuk investasi pada stadion dan fasilitas latihan. Mereka tidak punya dana yang memadai."

Pengamat memperkirakan Manchester United bernilai 5 miliar pound sterling.

Miliarder Inggris, yang juga pendukung Manchester United, Jim Ratcliffe, disebut sebagai yang terdepan untuk membeli Setan Merah.

Selain itu, Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faizal menyebut negaranya juga berencana mengajukan penawaran.

Namun, Neville memperingatkan, "Manchester United tidak bisa diberikan kepada pemilik yang bertentangan dengan nilai klub ataupun apa yang diingkan oleh klub."

"Karenanya harus ada beberapa hal yang dipertimbangkan seperti suara para pendukung, pengalaman para pendukung, atau posisi para pendukung di dewan klub," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT