27 November 2022, 12:55 WIB

Swiss Tak Gentar Nama Besar Brasil


Akmal Fauzi | Sepak Bola

AFP
 AFP
Pelatih Swiss Murat Yakin terlihat di bawah layar raksasa selama konferensi pers untuk mengumumkan daftar pemain skuad Swiss.

BEK Timnas Swiss Nico Elvedi mengatakan bahwa timnya tidak gentar dengan kekuatan serta kualitas Brasil saat kedua tim bertemu dalam lanjutan pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Senin (28/11) malam WIB. Dia optimistis timnya memiliki kualitas yang mampu mengalahkan negara favorit juara di Qatar tersebut.

"Setiap tim di dunia ini bisa dikalahkan. Kami tahu tantangannya, tapi kami tidak akan bersembunyi. Kami tahu kualitas kami dan apa yang bisa kami tunjukkan,” kata Elvedi.

Gol di babak kedua dari mantan rekan setim Elvedi di Gladbach, Breel Embolo membantu Swiss menang 1-0 atas Kamerun di pertandingan pembukaan mereka. Elvedi mengatakan bahwa kemenangan itu membantu tim dan memberi kepercayaan diri melawan Brasil.

Swiss lolos ke fase gugur dalam empat dari lima Piala Dunia terakhir mereka. Menghindari kekalahan melawan Brasil akan memperbesar peluang Swiss lolos ke babak 16 besar. Pada laga terakhir grup, Swiss akan melawan Serbia.

Elvedi mengatakan Swiss tidak akan terpengaruh atas absennya bintang Brasil Neymar karena cedera pergelangan kaki. Timnya tetap bermain dengan pendekatan yang sama.

"Itu tidak akan banyak berubah bagi kami. Mereka memiliki cukup banyak pemain top yang bisa bermain di posisi itu," kata Elvedi.

"Saya akan tidur seperti biasanya. Saya tidak akan tidur lebih nyenyak karena Neymar tidak bermain," lanjutnya.

Sementara itu, pelatih Brasil Adenor Leonardo Bacchi atau TiteTite mengaku tidak akan kesulitan memilih pemain yang bisa menggantikan Neymar yang belum dipastikan kapan akan kembali pulih.

Neymar menarik perhatian lini pertahanan Serbia, yang terus menekannya sejak awal pertandingan. Dia dilanggar sembilan kali selama pertandingan, terbanyak oleh pemain mana pun di Piala Dunia pada pertandingan putaran pertama di babak penyisihan grup.

Namun, Brasil saat ini tidak bergantung pada Neymar seperti dulu. Tite bisa menggunakan beberapa opsi untuk menggantikan penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu saat menghadapi Swiss.

Tite membawa sembilan penyerang ke Piala Dunia, dan juga bisa menambahkan seorang gelandang sebagai pengganti Neymar jika diinginkan.

''Kita berbicara tentang salah satu pemain terbaik di dunia. Sulit menemukan orang lain di levelnya. Tetapi kami memiliki banyak pemain berkualitas dalam skua$ yang dapat melakukan pekerjaan dengan baik untuk menggantikannya," kata gelandang Brazil Casemiro.

Opsi pertama yang bisa dipilih Tite adalah memainkan rekan setim Casemiro saat di Real Madrid yakni Rodrygo di posisi Neymar untuk menopang Raphinha, Vinicius Junior dan Richarlison di lini depan Tim Samba.

Rodrygo biasanya beroperasi di sayap atau sebagai penyerang tengah, tetapi pelatihnya di level klub bisa memainkannya di mana saja di posisi depan, termasuk memerankan nomor 10 yang biasa diisi Neymar. Penyerang berusia 21 tahun yang serba bisa pernah bermain di posisi Neymar dalam tiga pertandingan latihan Brasil di Turin sebelum Piala Dunia. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Kecemerlangan Mbappe Janganlah Segera Berakhir

BERITA TERKAIT