24 November 2022, 22:21 WIB

Sistem Bubble akan Diterapkan di Sisa Putaran Pertama Liga 1


Akmal Fauzi | Sepak Bola

Antara
 Antara
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke tiang gawang sebelum pertandingan.

LANJUTAN kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 direncanakan akan dipusatkan di satu wilayah atau sistem bubble hingga putaran pertama berakhir. 

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mengagendakan rapat koordinasi bersama Polri, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), serta kementerian terkait untuk mematangkan rencana lanjutan Liga 1.

Liga 1 dihentikan sementara imbas dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022. Liga 1 musim ini baru memasuki pekan ke-11. Artinya, putaran pertama tinggal menyisakan enam pertandingan lagi.

Baca juga: Menpora: Liga 1 belum Diputuskan Lanjut Desember

"Untuk putaran pertama, kita habiskan dengan sistem bubble dulu. Putaran kedua baru direncanakan home-away," ujar Direktur PT LIB Ferry Paulus, Kamis (24/11).

Sistem bubble tersebut akan digelar di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). LIB sudah menyiapkan empat stadion, yakni Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sultan Agung DIY dan Stadion Moch Soebroto Magelang.

Adapun sistem kandang dan tandang akan kembali menjadi opsi yang akan digelar, setelah sistem bubble tersebut selesai. Dalam hal ini, mulai pekan ke-18 hingga pekan ke-34 atau pekan terakhir.

Baca juga: Persebaya dan Persis Minta Liga 1 Tetap Pertahankan Format Kandang-Tandang

"Kalau harus home dan away, sementara harus ada simulasi. Implementasi dari security regulation kan berat, karena Piala AFF dalam waktu dekat bergulir. Kita juga harus punya perhatian khusus, karena tujuannya timnas," imbuh Ferry.

Menurutnya, LIB selaku operator liga, berharap tetap ada penonton selama enam pekan kompetisi dengan sistem bubble. Namun, semua akan diputuskan dalam rapat koordinasi bersama yang akan digelar pada Senin (28/11) mendatang.

Dalam rakor tersebut akan dibahas beberapa hal. Salah satunya, kemungkinan pemberian izin kembali bisa menggelar Liga 1, yang direncanakan PT LIB pada 2 Desember mendatang.(OL-11)

BERITA TERKAIT