18 November 2022, 21:15 WIB

Menpora: Liga 1 belum Diputuskan Lanjut Desember


Akmal Fauzi | Sepak Bola

Antara
 Antara
Menpora Zainudin Amali berbincang dengan Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

LIGA 1 musim 2022/2023 belum bisa dipastikan berlanjut pada Desember, seperti yang ditargetkan PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Kelanjutan kompetisi yang tertunda akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, baru bisa dipastikan setelah ada rapat koordinasi antara PSSI, LIB, Polri dan kementerian terkait.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali seusai bertemu dengan jajaran direksi baru PT LIB, yang dipimpin Direktur Utama LIB Ferry Paulus, pada Jum'at (18/11) ini.

Zainudin belum bisa memberikan informasi soal waktu rapat koordinasi tersebut untuk membicarakan kelanjutan kompetisi. Terlebih dahulu, pihaknya akan berdiskusi dengan Polri sebagai pihak yang memberikan izin kompetisi.

Baca juga: Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Tidak Puas Hanya 6 Tersangka

Pun, pihaknya segera menyampaikan hasil pertemuan dengan LIB tersebut ke Kapolri. Salah satunya, terkait pentingnya keberlangsungan liga, baik Liga 1, 2 maupun 3, untuk tim nasional Indonesia.

"Kami akan ke Kapolri untuk mendiskusikan itu. Pemerintah sangat memahami apa yang disampaikan oleh LIB. Kami akan mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali," jelas Zainudin.

Sementara itu, Ferry menyebut agenda pertemuan dengan Menpora dilakukan agar pemerintah ikut membantu komunikasi dengan kepolisian, sehingga dapat memberikan izin dilanjutkannya Liga 1.

Baca juga: Persiraja Dukung Erick Thohir Pimpin PSSI

PT LIB selaku operator kompetisi, sudah membuat beberapa simulasi terkait regulasi lanjutan Liga 1. Walaupun sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan kompetisi itu bergulir lagi.

"Ada beberapa tanggal (yang kita siapkan), tapi lagi-lagi tentunya pintu masuknya menunggu dari hasil rapat koordinasi. Untuk kick-off kali ini sangat berkaitan dengan security regulations," kata Ferry.

LIB sempat menyatakan rencana waktu perhelatan kembali Liga 1, yaitu 25 November dan 2 Desember 2022. LIB menargetkan kompetisi berakhir pada April tahun depan, agar persiapan Piala Dunia U-20 yang digelar Mei 2022 tidak terganggu.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT