26 October 2022, 17:19 WIB

PSM Dukung KLB PSSI Asal Sesuai Statuta


Lina Herlina | Sepak Bola

DOK MI
 DOK MI
PSM Makassar

PERSEPAKBOLAAN di Indonesia saat ini belum pasti pascatragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Liga 1 Indonesia entah kapan dilanjutkan bahkan ada sejumlah klub yang menyuarakan KLB (Kongres Luar Biasa) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Karim memberikan tanggapan terkait perkembangan sepak bola di Tanah Air saat ini. Menurutnya ada tiga poin penting terkait sepak bola di Indonesia saat ini  

"Pertama, Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 segera dilanjutkan atau minimal ada kepastian apakah dilanjutkan atau ditunda  lagi atau malah dibubarkan," ungkap Sulaiman, Rabu (26/10).

Menurutnya, semakin lama dalam ketidakpastian semakin tidak bagus  untuk kompetisi sepak bola di Indonesia, terutama untuk klub-klub yang pasti akan dirugikan.

"Kedua, PSM Makassar bersikap, mendukung transformasi sepakbola  Indonesia. Hal itu, sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang beberapa waktu lalu bertemu dengan Presiden FIFA," jelasnya.

Ketiga, terkait wacana KLB PSSI, jelas Sulaiman, PSM Makassar pada dasarnya setuju asalkan KLB yang digelar itu sesuai dengan statuta, sesuai dengan aturan-aturan dari FIFA. "Yaitu KLB diselenggarakan berdasarkan keinginan dari pada voters, bukan KLB yang diselenggarakan karena rekomendasi dari pihak-pihak lain, selain voters," urai Sulaiman.

"Kenapa? Karena kita sendiri punya pengalaman, sepak bola Indonesia punya pengalaman menggelar KLB, yang bukan dari kehendak voters akhirnya berimbas terhadap sanksi. Justru ini yang tidak kita inginkan," sambungnya.

Meski demikian, jelasnya, PSM saat ini masih terus melakukan persiapan. "Kita masih ikut jadwal semula, yaitu kita akan kembali berlatih 2 November. Karena kita mendapatkan informasi, berdasarkan timeline PSSI Liga 1 akan kembali bergulir di akhir November," tambah Sulaiman. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT