02 October 2022, 12:14 WIB

Menpora: Edukasi ke Suporter Perlu Ditingkatkan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menpora Zainudin Amali

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) meningkatkan edukasi ke suporter klub menyusul tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Zainudin menyesalkan insiden yang mencoreng nama Indonesia dengan korban jiwa mencapai 127 orang.

Zainudin menjelaskan, pemerintah sebelumnya sudah mengizinkan hadirnya suporter dalam pertandingan menyusul melonggarnya kasus covid-19. Namun, kepercayaan itu tidak bisa dijaga dan justru membuat adanya korban jiwa akibat fanatisme berlebihan.

"Saya menyampaikan duka atas korban meninggal. Harusnya tidak boleh terjadi. Karena ketika kami sudah bebaskan boleh ada penonton yang tadinya tanpa penonton, tetapi itu tidak bisa dijaga. Saya sangat prihatin. Apalagi penyebabnya tidak terima timnya kalah. Ini olahraga, ini pertandingan. Edukasi terhadap penonton juga harus lebih ditingkatkan. Jadi disadarkan pertandingan olahraga ada yang menang ada yang kalah, apapun kompetisinya harus terima hasil," kata Zainudin, Minggu (2/10).

Baca juga:  Ini Kronologi Tragedi Kanjuruhan Menurut Polisi

Zainudin meminta PSSI dan PT LIB untuk mengusut kasus ini dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Zainudin berharap ada evaluasi yang harus segera dilakukan agar kejadian tidak terulang.

"Saya akan komunikasi dengan LIB dan PSSI, apakah diteruskan tanpa penonton atau ada hal lain. Saya berharap ini jadi pembelajaran untuk kita semua agar tidak terjadi lagi. Saya minta PSSI dan LIB untuk menginvestigasi," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT