29 September 2022, 14:30 WIB

Thierry Henry Khawatir VAR akan Bunuh Sepak Bola


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/JOHN THYS
 AFP/JOHN THYS
Asisten pelatih timnas Belgia Thierry Henry

THIERRY Henry khawatir waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan menggunakan VAR akan membunuh sepak bola.

Mantan pesepak bola yang mengantarkan Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 itu, Rabu (28/9), mengatakan dia tidak keberatan teknologi digunakan dalam sepak bola. Namun, Henry menfgaku frustasi dengan kecepatan peninjuan insiden oleh VAR ketimbang olahraga lainnya.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal itu merasa VAR malah memancing ktnroversi baru dan tidak meredakan pertanyaan mengenai keputusan wasit.

Baca juga: Komisi Wasit Liga Inggris Akui Keputusan Kontroversi VAR

"Kita masih sangat tertinggal dibandingkan olahraga lain," ujar Henry. "Apa yang saya lihat di American Football, rugbi, kriket, atau tenis misalnya, jauh lebih cepat."

Henry, yang kini menjadi asistem pelatih timnas Belgia, menambahkan, "Dengan VAR, yang membuat saya kesal, adalah tidak cukup cepat. Keputusan masih ada di tangan seseorang di belakang truk atau di tempat lain. VAR tidak mengambil keputusan, VAR hanya memutar ulang insiden."

Menurut Henry, ketidakpastiakn keputusan VAR membuat selebrasi tertunda.

"Apa yang kami ingin lihat adalah pertandingan berjalan mengalir. Yang sulit saya terima sebagai pemain yang kerap mencetak gol adalah melakukan selebrasi. Kini, Anda tidak tahu apakah saya bisa melakukan selebrasi. Itu membunuh kesenangan dalam sepak bola," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT