09 September 2022, 19:26 WIB

Mesir, Yunani, Saudi Bahas Jamu Bersama Piala Dunia 2030


Mediaindonesia.com | Sepak Bola

AFP.
 AFP.
Stadion Al Thumama untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

MESIR, Yunani, dan Arab Saudi sedang dalam pembicaraan untuk bersama-sama menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia 2030. Seorang pejabat Mesir mengatakan itu pada Jumat (9/9) dalam sambutan yang disiarkan televisi.

"Tiga negara sedang bekerja keras dan permohonan untuk menyelenggarakan (Piala Dunia 2030) sedang dipelajari," juru bicara kementerian olahraga Mohammed Fawzi mengatakan kepada televisi DMC. "Mesir akan menjadi salah satu negara terbaik untuk menyelenggarakan acara olahraga semacam itu, katanya, karena negaranya telah menjadi tuan rumah banyak kejuaraan dunia dalam tiga tahun terakhir.

Seorang sumber di Komite Olimpiade Hellenic Yunani mengonfirmasi kepada AFP di Athena bahwa ketiga negara tersebut mengadakan diskusi tentang tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Jika berhasil, acara tersebut akan diadakan di musim dingin utara untuk menghindari suhu ekstrem di tiga negara, seperti Piala Dunia tahun ini di Qatar, surat kabar Inggris The Times melaporkan pada Kamis.

Tawaran oleh Mesir, Yunani, dan Arab Saudi akan datang melawan setidaknya dua proposal bersama lain. Argentina, Cile, Paraguay, dan Uruguay meluncurkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 pada awal Agustus. Spanyol dan Portugal mengumumkan pencalonan bersama mereka tahun lalu.

Tawaran bersama Amerika Selatan itu bertujuan menggelar final 2030 di stadion Centenario yang sama di Montevideo yang menjadi tuan rumah pertandingan perebutan gelar pertama 100 tahun sebelumnya. Badan sepak bola dunia FIFA akan memilih tuan rumah untuk turnamen 2030 pada 2024. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT