09 August 2022, 16:38 WIB

Bonek Protes PT LIB yang Ubah Jadual Pertandingan


Faishol Taselan | Sepak Bola

dok.ant
 dok.ant
Ratusan supporter bonek mendatangi salah satu stasiun televisi swasta di Surabaya, Jawa Timur, memprotes jadual pertandingan dari PT Liga In

RATUSAN supporter bonek mendatangi salah satu stasiun televisi swasta di Surabaya, Jawa Timur, memprotes jadual pertandingan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang dinilai memberatkan Persebaya, karena harus bertanding sebanyak 20 pertandingan pada malam hari.

Padahal sebelumnya, PT LIB sudah mengabulkan permintaan manajemen Persebaya dengan mengeluarkan keputusan pertandingan akan diubah menjadi sore hari.

Asisten manajer fans relation Persebaya Alex Tualeka mengatakan, meski tuntutannya sudah dikabulkan LIB, Bonek Mania tetap menggelar aksi untuk memperjuangkan hak klub sepak bola lain yang punya jadwal tanding malam hari.

"Yang diperjuangkan hari ini adalah untuk menyelamatkan sepak bola nasional. Mereka berharap perubahan pertandingan malam bukan hanya di Persebaya saja," ujar Alex

Sementara itu, PT LIB mengabulkan permintaan manajemen Persebaya untuk mengubah jam kick-off laga home klub berjuluk Bajul Ijo tersebut yang dinilai terlalu malam.

Dalam keterangan resminya Persebaya menjelaskan, telah menerima surat dari PT LIB pada Senin (8/8/2022) malam bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022 yang ditandatangani langsung oleh Akhmad Hadian Lukita Dirut PT LIB. "Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, maka bersama ini kami PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa seluruh jadwal kandang klub Persebaya Surabaya di tahun 2022 yang mana jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB akan disesuaikan menjadi sore hari dan akan dituangkan dalam circular yang akan disampaikan kemudian," demikian isi surat PT LIB kepada Persebaya.

Surat dari PT LIB tersebut merupakan balasan untuk surat Persebaya yang dikirimkan di hari yang sama pada siang harinya. Surat Persebaya itu berisi tentang penegasan Persebaya kepada LIB terkait perubahan jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB.

Dalam surat tersebut, LIB menjelaskan ada dua rujukan dalam penentuan keputusan yang tertuang di surat 345/LIB-KOM/VIII/2022. Poin pertama adalah surat penegasan jam kick-off dari Persebaya, dan kedua yaitu koordinasi PT LIB dengan host broadcaster.

Selang beberapa jam kemudian, PT LIB kembali berkirim surat elektronik ke Persebaya. Isinya adalah detail perubahan jam kick-off laga kandang Persebaya. Laga-laga home Persebaya yang sebelumnya dimulai pukul 20.30 WIB, diubah sore hari menjadi pukul 15.30 WIB atau 16.00 WIB.(OL-13)

Baca Juga: Pedri: Sebuah Kemewahan Bermain Bersama Lewandowski

BERITA TERKAIT