02 August 2022, 09:45 WIB

Arteta Yakin Penunjukkan Odegaard Sebagai Kapten Arsenal Bawa Dampak Positif


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Mike Ehrmann/Getty Images
 AFP/Mike Ehrmann/Getty Images
Gelandang Arsenal Martin Odegaard

PELATIH Arsenal Mikel Arteta meyakini gelandang Martin Odegaard akan memberikan dampak positif kepada timnya setelah ditunjuk menjadi kapten The Gunners untuk musim depan.

Dikutip dari Sky Sports, Senin (1/8), Arteta menjelaskan dirinya telah melihat perkembangan Odegaard dalam 18 bulan terakhir dan menilai pemain asal Norwegia itu layak mewakili nilai-nilai dari Arsenal.

"Dia memperlihatkan ambisi untuk membawa klub ini ke level lain, untuk mendorong tim ini dan berkontribusi di dalamnya, dan sebagaimana cara dia mendapatkan hormat dari semua orang di dalam organisasi," ungkap Arteta.

Baca juga: Arsenal Resmi Tunjuk Odegaard Sebagai Kapten

"Dia juga merupakan kapten timNAS dan saya pikir itu adalah keputusan yang tepat. saya bangga mengumumkan itu karena saya pikir dia benar-benar orang yang baik untuk memberikan komitmen kepada klub," sambungnya.

Selain itu, Arteta menilai kehadiran Odegaard turut memberi dampak positif kepada penyerang anyar Arsenal Gabriel Jesus menjadi pemain yang tajam.

Selama pertandingan pramusim, penyerang asal Brasil itu tercatat telah mencetak gol dari lima laga Arsenal, termasuk catatan tiga golnya ketika menghadapi Sevilla di ajang Piala Emirates Sabtu lalu.

"Dia membuat Gabby (Gabriel Jesus) lebih baik dan dia membutuhkan ancaman di depannya. Dia dapat menemukan operan terakhir di momen baik ruang tertutup atau terbuka. Kami membutuhkan seseorang untuk membuat dia lebih baik dan hubungannya sudah ada," jelas Arteta.

Martin Odegaard didatangkan oleh Arsenal secara permanen pada Agustus 2021 lalu dengan biaya transfer mencapai 35 juta euro atau sekitar Rp532 miliar dengan durasi kontrak 30 Juni 2025.

Selama membela Arsenal, pemain berusia 23 tahun itu tercatat telah tampil sebanyak 60 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 8 assist dari total 4.397 menit bermain di berbagai ajang. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT