06 July 2022, 15:29 WIB

PSIS Semarang Pertahankan Ritme untuk Melawan Arema FC


Akmal Fauzi | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Aji Styawan
 ANTARA FOTO/Aji Styawan
Pesepak bola PSIS Semarang Wawan Febrianto (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan timnya

PELATIH PSIS Semarang Sergio Alexsandre meminta pemainnya menjaga ritme permainan saat melawan Arema FC di semi final leg pertama Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (7/7). Sejauh ini, ia cukup puas dengan perkembangan yang ditunjukkan tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar.

"Kami sudah menjalani lima pertandingan (empat fase grup dan satu pertandingan perempat final) yang saya rasa kami sudah stabil, tinggal dilanjutkan saja,” kata Alexsandre dilansir laman resmi Piala Presiden, Rabu (6/7).

PSIS Semarang berhasil lolos sebagai pemuncak Grup A dengan tiga kemenangan dan satu kali seri. Pada babak delapan besar, mereka mengalahkan Bhayangkara FC lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

PSIS menjadi tim paling produktif di Piala Presiden 2022. Tim kebanggaan masyarakat Semarang itu telah mencetak 16 gol dan hanya lima kali kebobolan.

Pemahaman antara pemain lama dan pemain baru pun terbukti tidak ada kendala. Koordinasi antarpemain terbangun dengan sangat baik di masa pra musim.

Begitu pula dengan komposisi pemain asing yang dimiliki PSIS Semarang. Walaupun hanya mempertahankan Jonathan Cantillana dari skuad musim lalu, kedatangan Carlos Fortes, Taisei Marukawa dan Alie Sesay di musim ini terlihat sudah menyatu.

Sergio Alexandre akan mengandalkan Carlos Fortes di lini depan. Fortes bakal didukung oleh Taisei Marukawa, Hari Nur Yulianto, dan Septian David Maulana. Fortes yang baru bergabung bahkan tercatat sebagai top skor sementara. Mantan penyerang Arema FC berhasil mencetak lima gol.

"Melawan Arema. Persiapan akan dilakukan sehari demi sehari, saya harap selama proses itu tim saya bisa jadi meingkat lagi. Tentunya dari setiap harinya kami harus menjadi lebih kuat," ujar Alexsandre.

Baca juga: PSIS akan Jamu Arema FC di Laga Leg Pertama Semifinal Piala Presiden

Sementara itu, Arema FC punya lini pertahanan yang terbilang solid. Di Piala Presiden 2022, gawang Adilson Maringa, baru kebobolan satu gol yakni saat kalah 0-1 dari PSM Makassar di laga fase grup.

Namun, Arema dalam situasi yang kurang bagus karena tidak diperkuat sejumlah pemain karena cedera, termasuk kapten Johan Alfarizie. Arema FC hanya membawa 22 pemain ke kandang PSIS.

Meski begitu, pelatih Arema FC Eduardo Almeida menyebut, setiap pemain yang diturunkan harus siap. Dia optimistis anak asuhnya bisa meraih hasil bagus di Semarang.

"Kami membawa 22 pemain ke Semarang. Ada beberapa pemain yang absen, tetapi saya rasa siapa pun yang nanti akan bermain pasti siap," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT