28 June 2022, 23:15 WIB

RI Bersedia Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2023


Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola

Antara
 Antara
Pemain Bali United berebut bola dengan pemain Visakha FC In Sodavid pada laga Piala AFC 2022.

INDONESIA akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 untuk menggantikan Tiongkok. PSSI telah berkoordinasi dengan pemerintah, kemudian akhirnya memutuskan ikut mengajukan diri.

"Semua persyaratan yang diminta oleh AFC, segera kita siapkan. Kita kirimkan secepat mungkin," ujar Ketua PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangannya, Selasa (28/6).

Baca juga: Bali United Kalahkan Kedah FC di Laga Perdana Piala AFC 2022

Awalnya, Piala Asia 2023 digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Namun, Negeri Tirai Bambu mengundurkan diri lantaran kasus covid-19 melonjak.

AFC pun menawarkan semua negara yang masuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah. Federasi sepak bola Asia itu memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

Sebelumnya, PSSI mengkaji pengajuan karena berdekatan dengan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Indonesia. Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri.

Baca juga: Ronaldinho Tegaskan Siap Hibur Masyarakat Indonesia

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," jelas Iriawan.

Diketahui, ada empat negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala AFC 2023, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan dan Qatar.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT