25 June 2022, 04:52 WIB

Bali United Kalahkan Kedah FC di Laga Perdana Piala AFC 2022


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ANTARA/Nyoman Budhiana
 ANTARA/Nyoman Budhiana
Pemain Bali United Rahmat melakukan selebrasi bersama Ramdani Lestaluhu usai mencetak gol ke gawang Kedah FC di laga Piala AFC.

BALI United FC sukses menundukkan Kedah Darul Aman FC dengan skor 2-0 pada laga perdana babak penyisihan Grup G Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (24/6).

Laga yang dimulai pukul 21.00 WITA itu disambut sedikitnya 9.832 suporter Bali United FC yang mengisi bangku stadion berkapasitas 25.000 penonton. Teriakan yel-yel terus terjadi di sepanjang laga.

Hujan yang cukup lebat ternyata tidak menyurutkan semangat tim untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Bahkan, Serdadu Tridatu, julukan Bali United FC, dan Skuad Sang Kenari, julukan Kedah Darul Aman FC, memulai pertandingan dengan tempo cepat.

Baca juga: Stefano Cugurra Mengaku Sudah Kantongi Kekuatan Kedah FC

Tuan rumah Bali United, yang dimotori Andhika Wijaya membuka peluang mencetak gol pada menit 20. Namun upaya yang dilakukan Irfan Jaya masih melenceng ke sisi gawang Kedah FC yang dikawal Ifwat A.

Beberapa peluang mencetak gol terus terjadi bagi Bali United, baik melalui Brwa Nouri, Eber Bessa,hingga Leonard Tupamahu. Hanya saja upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil. Kedah FC pun juga beberapa kali menciptakan peluang.

Upaya Bali United untuk mencetak keunggulan akhirnya terjawab menjelang babak pertama usai. Tendangan keras Eber Bessa mengenai kaki kapten Kedah FC, Ngah Wanja dan bola meluncur ke dalam gawang tim asal Malaysia itu. Keunggulan Bali United 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Kedah FC, yang ditukangi Aidil Sharin Sahak, memulai laga dengan melakukan tekanan ke pertahanan Bali United. Namun, pertahanan solid tim asuhan Stefano Cugurra alias Teco mampu mementahkan berbagai tendangan dari lawan.

Pergantian pemain mulai dilakukan oleh dua tim pada babak kedua, diawali oleh Bali United pada menit ke-58. Teco, saat itu, mengganti Irfan Jaya dengan Rahmat. Masuknya tenaga baru membuat serangan tim juara Liga 1 Indonesia semakin meningkat.

Tidak hanya memasukkan Rahmat, Teco juga memasukkan Ramdani Lestaluhu untuk menggantikan Rizky Pellu. Pola serangan dari lini tengah menjadi lebih variatif. Hasilnya, Rahmat mampu menambah keunggulan bagi Bali United pada menit 82. Kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Dalam kondisi unggul, Bali United tetap melakukan pola yang sama meski sang lawan juga berusaha memperkecil ketertinggalan. Meski ada tambahan waktu empat menit, Kedah FC tidak mampu mencetak gol yang diharapkan.

Akhirnya, Bali United sukses mengemas tiga poin pada laga perdana penyisihan Grup G Piala AFC 2022. Laga selanjutnya, Bali Uniyed akan menghadapi Visakha pada Senin (27/6) dan Kaya pada Kamis (30/6). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT