13 June 2022, 11:02 WIB

Enrique Puas dengan Penampilan Spanyol Saat Kalahkan Rep Ceko


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

AFP/Fabrice COFFRINI
 AFP/Fabrice COFFRINI
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique

TIMNAS Spanyol berhasil meraih kemenangan kala menjamu Timnas Rep Ceko, di laga lanjutan penyisihan grup Liga Negara UEFA. La Furia Roja -julukan Spanyol- menumbangkan lawannya dengan skor akhir 2-0, Senin (13/6) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang bergulir di Estadio La Rosaleda, Spanyol, gol dari Carlos Soler (24') dan Pablo Sarabia (75') membawa Spanyol menang atas Rep Ceko. Hasil itu sekaligus mengantarkan La Furia Roja menduduki puncak klasemen Grup A2 dengan raihan 8 poin.

Pelatih Spanyol Luis Enrique memuji penampilan skuatnya, yang tampil dominan sepanjang pertandingan, dengan La Furia Roja mencatatkan 76% penguasaan bola.

Baca juga: Spanyol Bukukan Kemenangan Kedua di Liga Negara UEFA

"Saya senang untuk banyak pemain yang memainkan permainan hebat hari ini. Kami bisa menyelesaikan pertandingan di babak pertama dengan beberapa peluang selain gol, itu adalah pertandingan yang sulit dan kami berhasil menyelesaikannya," ucap Enrique dikutip dari laman resmi UEFA, Senin, (13/6).

Hasil pertandingan ini menjadi bukti keperkasaan Spanyol atas Rep Ceko. Berdasarkan catatan UEFA, La Furia Roja belum terkalahkan dalam tujuh pertemuan mereka melawan Rep Ceko, dengan meraih lima kemenagan.

Dukungan langsung dari para penggemar yang memadati tribun Estadio La Rosaleda, membuat Spanyol tampil dengan penuh percaya diri sepanjang pertandingan. Enrique menyatakan, kemenangan ini dipersembahkan skuadnya untuk para penggemar.

"Suasananya luar biasa dan saya ingin berterima kasih kepada para penggemar di Malaga. Kami datang untuk memberikan kemenangan kepada para penggemar," jelasnya.

Saat Spanyol berhasil menempati puncak klasemen A2, kekalahan itu membuat Rep Ceko tertahan di peringkat ketiga dengan raihan 4 poin.

Kapten Timnas Rep Ceko, Tomas Soucek tidak menampik atmosfer yang dibawa pendungkung La Furia Roja di dalam stadion membuatnya sedikit mengalami tekanan, sehingga sulit untuk skuadnya keluar dan memberikan penampilan terbaik.

"Saat kami bermain tandang, itu lebih sulit selama 90 menit untuk menekan secara maksimal. Kami juga kesulitan untuk tetap seimbang dan memanfaatkan peluang sepanjangn pertandingan. Ini tidak mudah, terutama tandang dan itulah yang masih menjadi pekerjaan rumah kami," ucap Soucek.

Pelatih timnas Rep Ceko, Jaroslav Ilhavy, menyebutkan, skuadnya sudah tampil cukup baik pada pertandingan ini dengan sejumlah upaya untuk melakukan serangan terhadap lawan. 

Bagi Ilhavy, kekalahan pertandingan ini menjadi pelajaran berarti untuk skuadnnya agar dapat tampil lebih baik kedepannya.

"Kami memainkan pertandingan yang cukup bagus, kami aktif dan berbahaya. Sayangnya, kami tidak memanfaatkan peluang kami, tetapi pertandingan seperti ini menjadi sebuah pelajaran buat kami untuk lebih baik lagi," tuturnya.

Baik Spanyol maupun Rep Ceko masih memiliki dua pertandingan lagi di babak penyisihan Grup untuk menentukan siapa yang layak melaju ke babak selanjutnya. Spanyol masih memiliki pertandingan menghadapi Swiss pada Sabtu (25/9), sebelum kemudian menghadapi Portugal pada Selasa (28/9).

Sedangkan Rep Ceko akan terlebih dahulu menghadapi Portugal pada Sabtu (25/9) dan bertemu dengan Swiss pada Selasa (28/9). (UEFA/OL-1)

BERITA TERKAIT