29 May 2022, 17:30 WIB

LIB Gelar Turnamen Pramusim di Empat Kota


Akmal Fauzi | Sepak Bola

AFP/Pau Berrena
 AFP/Pau Berrena
Ilustrasi turnamen sepak bola

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan drawing turnamen pramusim yang akan digelar di empat kota, Minggu (29/5). Turnamen ini rencananya akan digelar mulai 11 Juni mendatang dengan dihadiri penonton. 

Sebanyak 18 tim Liga 1 dibagi ke dalam empat grup di babak penyisihan. Persis Solo yang menjadi tuan rumah Grup A akan bersaing dengan PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

Sementara itu, Grup B akan menyajikan persaingan antara Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Cilegon FC, Madura United, dan tuan rumah Borneo FC. 

Di Grup C, Persib Bandung yang menjadi tuan rumah akan berjumpa Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya. Sementara di Grup D, tuan rumahnya adalah Arema FC yang akan berduel dengan Persikabo 1973, PSM Makassar, serta Persik Kediri.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan, dalam pembagian grup itu diisi lima tim dan juga empat tim. Grup A dan B akan diisi oleh lima tim. Sedangkan Grup C dan D masing-masing berisi empat tim peserta. 

Bali United dan PSM Makassar yang akan jadi wakil Indonesia di Piala AFC 2022 ditempatkan di grup yang diisi oleh empat tim.

"Untuk mendukung partisipasi wakil Indonesia di Piala AFC, Bali United dan PSM Makassar ditempatkan pada grup dengan isi empat peserta dan tiga dipisah agar penyelenggaraan tidak melewati jadwal Piala AFC," kata Sudjarno.

Baca juga : Klopp Akui The Reds Belum Beruntung dan Hormati Kemenangan Madrid

Dia menanbahkan, dalam menetapkan tuan rumah fase grup ditentukan langsung oleh LIB dan PSSI dengan beberapa pertandingan. Dia mencontohkan, Samarinda ditunjuk sebagai tuan rumah Grup B sebagai bagian dari mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Samarinda menjadi satu-satunya kota di luar pulau Jawa. Kami komunikasi dengan bapak Ketua Umum (PSSI, Mochamad Iriawan). Mudah-mudahan, sekaligus, melalui sepak bola mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara," kata Sudjarno. 

Sudjarno memastikan, turnamen Pramusim itu erbuka untuk dihadiri penonton langsung di stadion. 

"Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola dengan penonton di stadion. Namun jumlah penonton di stadion akan tergantung situasi PPKM di daerah setempat," ujar Sudjarno.

Turnamen ini rencananya akan menerapkan sistem single round robin pada fase grup yang dimulai pada 11 Juni 2022 hingga 28 Juni 2022. Masing-masing grup akan memperebutkan dua tiket untuk lolos ke perempat final yang diberikan kepada juara dan runner-up klasemen akhir.

Delapan kontestan yang lolos ke perempat final akan berduel dengan sistem single match yang berlangsung pada 1-2 Juli 2022. Kemudian, fase semifinal akan mulai menerapkan format home-away mulai tanggal 4 Juli untuk leg pertama dan 10 Juli untuk leg kedua.

Lalu, partai puncak Turnamen Pramusim 2022 juga akan menerapkan format home-away. Leg pertama digelar pada 14 Juli, sedangkan yang kedua 17 Juli 2022. (OL-7)

BERITA TERKAIT