25 April 2022, 17:41 WIB

Jersey Gol Tangan Tuhan Maradona Ditawar Rp74 Miliar


Widhoroso | Sepak Bola

AFP/Adrian Dennis
 AFP/Adrian Dennis
Jersey timnas Argentina yang dikenakan Diego Maradona ketika mencetak gol 'Tangan Tuhan'.

JERSEY timnas Argentina yang dikenakan Diego Maradona ketika mencetak gol 'Tangan Tuhan' akan dilelang. Jelas itu bukan hanya sekadar jersey biasa, melainkan sebuah jersey yang memiliki nilai sejarah yang luar biasa.

Jersey itulah yang dikenakan oleh Maradona di Piala Dunia 1986 di Meksiko saat mencetak gol 'Tangan Tuhan' melawan Inggris di perempat-final. Kala itu Argentina berhadapan dengan Inggris di babak delapan besar dan menang 2-1.

Kini, jersey tersebut bakal dilelang oleh rumah lelang Sotheby's di London, setelah pemiliknya Steve Hodge, pemain Inggris yang bertukar jersey dengan Maradona di pertandingan tersebut, setuju untuk melelang jersey itu.  Hodge mengumumkan bahwa ia akan melelang jersey legendaris Maradona itu setelah 19 tahun di pajang di National Football Museum di Inggris.

Head of Streetwear & Modern Collectibles Sotheby's Brahm Wachter mengungkapkan di hari pertama pembukaan lelang, sudah ada tawaran sebesar 4 juta pound (Rp74 miliar) dan lelang masih akan berlangsung hingga 4 Mei nanti.

"Baru hari ini, ada tawaran empat juga pound. Sejujurnya saya yakin itu akan melebihi harga yang kami perkirakan antara empat dan enam juta pound dan itu akan menjadi kit dalam sepakbola yang paling banyak menghasilkan uang di lelang," kata Wachter kepada Efe.

Namun, lelang tersebut bukannya tanpa masalah. Salah satu putri dari Maradona mengklaim bahwa jersey yang dilelang bukanlah yang dikenakan ayahnya untuk mencetak gol 'Tangan Tuhan' tapi yang dikenakan oleh Maradona di babak pertama.

Sotheby's menyangkal tuduhan tersebut. "Untuk membawa sesuatu seperti ini ke pasar harus melewati banyak ujian dan tes. "Hal pertama yang dilakukan Maradona dalam bukunya adalah bahwa ia memberikannya kepada Hodge," katanya

"Kami juga telah melalui proses perbandingan fotografi di mana detail antara jersey yang kami miliki di sini dan gambar pada waktu itu dianalisis secara menyeluruh. Kami telah membandingkan jersey dengan foto-foto selebrasi pasca gol dan itu sama. Sebuah benang mencuat dari 'F' di logo perisai AFA, di bawah lencana dan beberapa benang mencuat keluar," imbuhnya. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT