02 February 2022, 09:54 WIB

Kontrak Terduga Pemerkosa, Klub Skotlandia Ditinggal Sponsor


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

Twitter @RaithRovers
 Twitter @RaithRovers
Logo Raith Rovers

KLUB Skotlandia Raith Rovers kehilangan sponsor dan kapten tim putri mereka memutuskan mengundurkan diri setelah mereka mengontrak pemain kontroversial David Goodwilie di hari terakhir jendela transfer Januari.

Goodwillie dan mantan rekannya di Dundee United, David Robertson diharuskan membayar ganti rugi sebesar 100 ribu pound sterling oleh pengadilan pada 2017 kepada perempuan yang menuding keduanya melakukan pemerkosaan.

Namun, tidak ada dakwaan kriminal yang diterima keduanya.

Baca juga: Pemilik Everton Puas Berhasil Dapatkan Lampard

Goodwillie meninggalkan Plymouth pascaputusan pengadilan itu dan dia, sejak saat itu, bermain di klub Divisi II Liga Skotlandia Clyde.

Keputusan Raith Rovers untuk mendatangkan Goodwillie memancing reaksi keras dari pendukung dan sponsor klub, salah satunya adalah penulis Val McDermid.

Penulis novel yang telah menjual lebih dari 17 juta buku merupakan sponsor jersey Raith Rovers dan  namanya diabadikan sebagai salah satu tribun di Stadion Stark's Park.

"Mulai pagi ini, saya mengakhiri dukungan sumur hidup saya kepada Raith Rovers atas keputusan mereka mengontrak pelaku pemerkosaan David Goodwillie," cicit McDermid di Twitter.

"Saya telah membatalkan kesepakatan sponsor jersey klub atas langkah mereka yang menjijikan dan tidak bisa diterima itu. Apa yang mereka lakukan menghancurkan klaim bahwa mereka adalah klub keluarga," lanjutnya.

Kapten klub putri Raith Rovers Tyler Rattay juga mengumumkan keputusannya mundur dari klub tersebut.

"Setelah 10 tahun membela Raith, saya sangat sedih harus memutuskan hal ini karena mereka mengontrak orang seperti itu. Saya tidak ingin nama saya dikaitkan dengan Raith," tegas Rattay.

Dua direktur Raith yang menolak menyetujui pembelian Goodwillie juga mengundurkan diri.

Raith Rovers membela diri dengan mengatakan keputusan untuk mendatangkan Goodwillie adalah keputusan sepak bola dalam upaya meraih promosi ke DivisiUtama Skotlandia. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT