28 December 2021, 13:20 WIB

Menpora: Saya Optimistis Kita Bisa Meladeni Thailand


Ilham Ananditya | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Humas PSSI/Handout
 ANTARA FOTO/Humas PSSI/Handout
Skuad Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer.

LAGA final piala AFF 2021 antara Timnas Indonesia melawan Thailand akan segera tersaji besok (29/12) untuk leg pertama, dan akan berlangsung di Stadion National, Singapura.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan kegembiraannya atas capaian anak asuh Shin Tae-yong setelah berhasil menembus laga final.

Terlebih memang, dirinya mengungkapkan tujuan awal pembentukan timnas saat ini adalah Piala Dunia U-20 dan SEA Games 2022 di Vietnam.

"Akhirnya timnas Indonesia bisa masuk ke babak final Piala AFF melawan Thailand. Menurut saya, tim yang saat ini sudah sampai ke babak final adalah tim yang berkualitas," tutur Menpora Amali.

"Kita tahu tim Thailand adalah tim yang selama ini mendominasi persepakbolaan di kawasan Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir ini. Tapi tim Indonesia bukanlah tim yang sembarangan, dengan lolosnya timnas ke final berarti sudah melalui rintangan dan hadangan dari negara Asia Tenggara lainnya," imbuhnya.

Amali melanjutkan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mampu membawa nama Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak bisa diremehkan.

"Walaupun di awal-awal laga ini tidak banyak yang mengunggulkan Indonesia, bahkan ada dari negara peserta lainnya "meremehkan" kekuatan timnas kita. Tapi semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari pelatih STY dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura," jelas Amali.

"Saya tetap optimis timnas kita bisa meladeni Thailand. Saya percaya anak-anak kita akan membuktikan kualitas mereka, dengan panduan pelatih STY yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional (piala dunia)."

Disinggung mengenai adanya kucuran bonus dari pemerintah jika timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan di Piala AFF 2020, Amali masih enggan menyebut nominalnya. "Pemerintah pasti memberikan apresiasi dan penghargaan," balas Amali.

Sependapat dengan Amali, Sekretraris Menpora (Sesmenpora) Jonni Mardizal pun berharap timnas Indonesia dapat mendulang kemenangan.

"Kita tentu sama-sama berharap Indonesia dapat menjuarai kejuaraan ini. Berkaca pada beberapa pertandingan sebelumnya, Mudah-mudahan kita lebih unggul dari Thailand, namun dari 12 kali pertemuan dengan Thailand kita hanya bisa memetik 3 kemenangan.

Semoga kali ini kita bisa menang," ungkap Jonni.

"Saya menantikan peran pemain timnas, ada kesukaan saya mulai Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Egi Maulana Vikri, dan Nadro Argawinata," tambahnya. (And/OL-09)

BERITA TERKAIT