27 December 2021, 09:32 WIB

Menpora: Timnas Semula untuk PIala Dunia FIFA U-20 dan SEA Games 2020


Ilham Ananditya | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Humas PSSI
 ANTARA FOTO/Humas PSSI
Pesepak bola Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer sebelum bertanding melawan Timnas Singapura di leg kedua Piala AFF. 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyebutkan skuad tim nasional sepak bola yang saat ini berlaga di Piala AFF 2020 awalnya diproyeksikan untuk dua agenda besar.

Turun dalam ajang Piala Dunia U-20 tahun 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah dan SEA Games 2020 di Vietnam.

Namun karena pandemi, maka dua event olahraga ditunda. FIFA World Cup U-20 ditunda ke tahun 2023 dan SEA Games mundur ke tahun 2022.

Dengan demikian, skuad tim nasional saat ini usia rata-ratanya lebih muda dari skuad tim lain yang berlaga di ajang AFF 2020.

Dengan umur yang masih muda, Menpora Amali menilai, ajang AFF 2020 ini menjadi ajang untuk persiapan mereka menuju multiajang SEA Games 2022 mendatang.

"Timnas ini kita persiapkan untuk SEA Games. Sehingga mereka sudah mendapatkan pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara karena SEA Games ada batas maksimal usia," ujar Amali pada Minggu (26/12) malam.

"Tentu negara lain belum tentu semua timnya akan turun, karena rata-rata pemain senior," kata Menpor. 

Amali optimistis pada SEA Games 2022 di Vietnam nanti cabang sepak bola akan meraih prestasi. Apalagi saat ini tim Indonesia sudah lolos ke babak final dan akan menghadapi Thailand. Meskipun awalnya diremehkan oleh negara-negara lain.

"Awalnya timnas ini diremehkan oleh beberpa negara, diremehkan bahwa ini anak-anak muda, Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman tapi semangat mereka luar biasa. Dan jangan lupa tangan pelatih Shin Tae-yong," ucapnya.

Ia berharap, lanjut Amali, timnas Indonesia tetap bersemangat meraih kemenangan dalam laga final di Piala AFF.

"Anak-anak harus semangat dan membuktikan bahwa kita akan bisa menjawab semua keraguan orang termasuk harapan dari publik dalam negeri," harapnya.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Singapura dengan agregat skor 5-3 (leg pertama 1-1 dan leg kedua 4-2).

Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga final Piala AFF 2020, usai negeri gajah putih mengalahkan Vietnam dengan agregat 2-0 (leg pertama 2-0 dan leg kedua 0-0).

Laga final Indonesia dengan Thailand akan dilangsung secara dua leg. Pada Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB dan leg kedua dihelat pada Sabtu 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB. (And/Kemenpora/OL-09)

BERITA TERKAIT