16 November 2021, 05:51 WIB

Kalahkan Denmark, Skotlandia akan Tampil di Playoff Piala Dunia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/ANDY BUCHANAN
 AFP/ANDY BUCHANAN
Para pemain Skotlandia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Denmark di laga kualifikasi Piala Dunia.

SKOTLANDIA mencatat kemenangan luar biasa 2-0 atas Denmark dalam pertandingan kualifikasi Grup F Piala Dunia untuk mengamankan keunggulan kandang dalam babak playoff dan sekaligus membuat Denmark akhirnya kalah juga dalam kualifikasi.

Denmark datang ke Hampden Park setelah mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 setelah memuncaki Grup F dengan rekor menang sembilan kali beruntun.

Adapun bagi Skotlandia, kemenangan atas Denmark akan membuat mereka menjadi runner-up Grup F dan meraih tiket ke babak playoff.

Baca juga: Swiss Lolos ke Piala Dunia, Italia Harus Ikut Playoff

Tuan rumah harus menang untuk memastikan mereka berada di antara enam tim unggulan dan mendapatkan keuntungan tampil sebagai tuan rumah dalam playoff 12 tim yang diadakan Maret 2022.

Denmark kehilangan banyak pemain yang pernah mengantarkan mereka ke semifinal Piala Eropa 2020, Juli lalu, tetapi kiper Kasper Schmeichel melakukan penyelamatan luar biasa saat mementahkan upaya Che Adams.

Skotlandia unggul pada menit ke-35 ketika Liam Cooper menyundul bola dari tendangan sudut pada babak pertama untuk diteruskan oleh sundulan lainnya dari bek John Souttar sampai masuk ke gawang Denmark.

Denmark kemudian menaikkan tempo pada babak kedua dan mengurung tuan rumah namun tidak kunjung bisa menjebol gawang Skotlandia.

Saat Denmark keasyikan menekan lawan untuk menyamakan kedudukan, Adams memastikan kemenangan Skotlandia dengan gol cemerlang yang melewati hadangan Schmeichel. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT