01 April 2021, 05:17 WIB

Kalahkan Rumania, Armenia Puncaki Klasemen Grup J


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Karen MINASYAN
 AFP/Karen MINASYAN
Para pemain Armenia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Rumania di laga kualifikasi Piala Dunia.

ARMENIA berbalik menang berkat dua gol yang tercipta pada empat menit terakhir waktu normal ketika melesat untuk memuncaki klasemen Grup J kualifikasi Piala Dunia setelah menang 3-2 melawan Rumania di Stadion Vazgen Sargsyan Republican, Yerevan, Armenia, Kamis (1/4) dini hari WIB.

Armenia bertahan di puncak klasemen setelah Jerman secara mengejutkan dikalahkan Makedonia Utara 2-1 di laga yang lebih larut   

Kedua tim tidak bisa menjebol gol lawannya masing-masing pada babak pertama. Seluruh lima gol yang tercipta dalam laga ini terjadi pada babak kedua.

Baca juga: Macedonia Utara Permalukan Jerman

Eduard Spertsyan membawa Armenia unggul lebih dulu pada menit ke-56. Namun, enam menit kemudian, Alexandru Cicaldau menyamakan kedudukan untuk Rumania. Cicaldau bahkan membawa Rumania berbalik unggul pada menit ke-72.

Sepertinya Rumania bakal memenangkan pertandingan ini namun bencana terjadi ketika George Puscas membuat kekuatan Rumania pincang karena pemain itu dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-78 setelah mendapatkan kartu kuning kedua.

Surplus satu pemain pada 12 menit terakhir pertandingan ini dimanfaatkan betul oleh tuan rumah. Setelah menerima assist dari Tigran Barseghyan pada menit ke-86, Varazdat Haroyan membawa Armenia menyamakan kedudukan 2-2.

Tiga menit kemudian, Eduard Spertsyan melakukan pelanggaran di kotak penaltinya sendiri yang membuat Armenia mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-89 dan diselesaikan dengan sempurna oleh Barseghyan.

Rumania sebenarnya mengendalikan lalu lintas permainan dengan 66% penguasaan bola.

Tuan rumah sedikit diuntungkan oleh kartu merah George Puscas dengan lebih banyak melepaskan percobaan gol sebanyak 16 yang delapan di antaranya tepat mengarah sasaran.

Rumania sendiri mengirimkan 14 percobaan gol yang tujuh di antaranya tepat mengarah target. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT