28 March 2021, 05:14 WIB

Dzyuba Cetak Dua Gol, Rusia Kalahkan Slovenia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Dimitar DILKOFF
 AFP/Dimitar DILKOFF
Penyerang Rusia Artem Dzyuba bereaksi dalam laga kualifikasi Piala Dunia kontra Slovenia.

DUA gol yang dicetak Artem Dzyuba membawa Rusia menang 2-1 atas Slovenia dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H di Stadion Olimpiade, Fisht, Sochi, Rusia, Sabtu (27/3).

Kedua gol yang dicetak Dzyuba pada babak pertama itu hanya bisa dibalas sekali oleh Slovenia melalui Josip Ilicic.

Kemenangan itu membuat Rusia memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Grup H dengan raihan enam poin. Sedangkan Slovenia (3) berada di peringkat kedua sembari menanti hasil laga-laga lain yang berlangsung lebih larut.

Baca juga: Dua Jawara Incar Kemenangan Beruntun Grup J PD

Berbekal kemenangan mengejutkan kontra Kroasia di pertandingan sebelumnya, tim besutan Matjaz Kek berusaha menekan Rusia sejak awal laga, namun tembakan Sandi Lovric dan Miha Mevlja belum menemui sasaran.

Sebaliknya, Rusia berusaha mengancam ketika umpan silang Aleksandr Golovin berhasil disambut oleh Georgi Dzhikiya, tetapi tembakannya masih
mampu diamankan kiper Jan Oblak.

Pada menit ke-26, Rusia mampu membuka keunggulan mereka saat Dzyuba mengonversi umpan Daler Kuzyaev dengan sepakan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Keunggulan itu mampu digandakan pada menit ke-35 saat Dzyuba mencetak keduanya dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Golovin yang gagal diantisipasi sempurna oleh barisan pertahanan Slovenia.

Semenit berselang, Slovenia mencetak gol balasan melalui tendangan jarak jauh Josip Ilicic yang menaklukkan kiper Anton Shunin dan membuat kedudukan menjadi 1-2.

Keunggulan 2-1 yang bertahan hingga turun minum berusaha ditambahkan Rusia pada awal babak kedua, tetapi tembakan jarak jauh Yuri Zhirkov dan
Rifat Zhelametdinov berlum membuahkan hasil.

Slovenia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-67, sayang tembakan Ilicic menyambut umpan Jasmin Kurtic masih bisa diamankan oleh Shunin.

Tiga menit kemudian, giliran Oblak yang dibuat sibuk untuk mengamankan tembakan dari Vyachelsav Karavaev yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang.

Skor 2-1 mampu dijaga Rusia hingga waktu normal usai dan lima menit injury time untuk mengunci kemenangan kedua mereka di fase kualifikasi
Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kedua tim dijadwalkan melakoni pertandingan berikutnya pada Selasa (30/3) saat Rusia bertandang ke Slowakia dan Slovenia melawat ke Siprus. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT