18 November 2020, 08:17 WIB

Ekuador Pesta Gol ke Gawang Kolombia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/RODRIGO BUENDIA
 AFP/RODRIGO BUENDIA
Para pemain Ekuador melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kolombia di laga kualifikasi Piala Dunia.

EKUADOR mencetak setengah lusin gol saat mereka menang 6-1 atas tamunya Kolombia, pada pertandingan putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Rodrigo Paz Delgado, Quito, Rabu (18/11) WIB.

Hasil itu membuat Ekuador menanjak ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Kolombia tertahan di posisi ketujuh dengan empat poin.

Laga baru berlangsung tujuh menit saat Ekuador mengemas gol pemecah kebuntuan. Dari situasi tendangan bebas, bola disundul Moises Caicedo
untuk diteruskan dengan tembakan kaki kiri Robert Arboleda menembus gawang Kolombia.

Baca juga: Kalah dari Prancis, Swedia Terdegradasi

Gawang Kolombia kembali kemasukan pada menit kesembilan. Tembakan Angel Mena menyambut assist dari Xavier Arreaga gagal diantisipasi kiper Camilo Vargas.

Ekuador tidak mengendurkan tekanan meski telah unggul dua gol. Mereka kemudian mengemas gol ketiga pada menit ke-32, saat Mena berperan sebagai pengumpan melalui umpan silang yang diteruskan tembakan jarak dekat Michael Estrada.

Gol keempat Ekuador tercipta pada menit ke-39. Dari situasi tendangan sudut, bola disundul Robert Arboleda untuk diteruskan tembakan kaki
kanan Xavier Arreaga.

Sebelum turun minum, Kolombia mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-45+6 berkat hadiah penalti.

Wasit menyatakan Xavier Arreaga melanggar Duvan Zapata di kotak terlarang. Eksekutor Kolombia James Rodriguez sukses menunaikan tugasnya.

Ekuador yang telah mengantungi empat gol tidak terlalu mengendurkan tempo setelah turun minum. Michael Estrada mampu memaksimalkan umpan terobosan Pervis Estupinan untuk membobol gawang Kolombia pada menit ke-76, namun ia telah berada pada posisi offside.

Tuan rumah kemudian mengemas gol kelimanya pada menit ke-78. Gonzalo Plata bekerja sama memainkan operan satu dua dengan Angel Mena, untuk
kemudian menyelesaikan serangan dengan tembakan kaki kiri yang memaksa kiper Kolombia Vargas kembali memungut bola dari gawangnya.

Sayangnya, setelah itu, Plata mendapat kartu kuning kedua akibat selebrasi golnya yang dianggap berlebihan oleh wasit dan memaksanya mandi lebih awal.

Dalam kondisi kekurangan satu pemain, Ekuador justru mampu membukukan gol keenam pada menit ke-91. Tendangan bebas Pervis Estupinan dari tepi
kotak penalti membuat bola kembali bersarang di gawang tim tamu.

Kolombia memiliki dua peluang bagus untuk memperkecil ketertinggalan menjelang laga usai. Namun, baik tembakan James Rodriguez maupun tembakan Luis Muriel gagal berbuah gol pelipur lara. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT