02 March 2021, 07:50 WIB

Nasdem Targetkan 13 Kursi di Jateng, Bila Gagal Pengurus Dipecat


Supardji Rasban | Politik dan Hukum

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Korwil Jawa Tengah DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto saat membuka rakor partai di kantor DPD Nasdem Kabupaten Brebes, Senin (1/3/2021).

DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem terus melakukan koordinasi ke daerah-daerah dalam upaya lebih membesarkan partai menjadi ketiga yang terbesar. Bahkan, Nasdem mengancam memecat pengurus partai yang dinilai tidak becus dalam melaksanakan amanat partai, yakni mewujudkan Nasdem menjadi partai ketiga terbesar tersebut.
     
Ancaman itu disampaikan langsung oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Tengah DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto, saat menghadiri rapat koordinasi partai di kantor DPD Nasdem Kabupaten Brebes, Senin (1/3) petang.
     
Untuk di Jawa Tengah pada Pemilu Legislatif 2024 DPP Partai Nasdem mematok target perolehan sebanyak 13 kursi. Khusus di Kabupaten Brebes, Sugeng mengaku prihatin dengan perolehan suara di Pemilu Legislatif 2019 lalu, Partai Nasdem tidak meraih kursi. DPP mentargetkan Pemilu Legislatif mendatang Partai Nasdem harus bisa meraih 9 kursi di kabupaten perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat itu.
     
"Saya menargetkan di Pileg 2014 mendatang, Partai Nasdem harus mendapat 9 kursi di DPRD Brebes. Kalau tidak bisa, pengurus DPD akan saya pecat," tegas Sugeng.
     
Dan untuk bisa meraih target perolehan partai di Pemilu mendatang, DPP akan sering turun ke Brebes guna menggerakkan mesin partai agar bisa berjalan optimal. 

"Sehingga target perolehan kursi bisa terwujud," tutur Sugeng.
     
Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes, Sonny Partono, menyatakan siap melaksanakan amanat partai dengan meraih 9 kursi di DPRD Brebes pada Pemilu 2014. Sonny pun mengaku siap apabila harus dipecat dari kepengurusan partai manakala target perolehan kursi tidak terpenuhi sesuai yang diinginkan DPP.

"Kalau harus dipecat, ya kami siap," kata Sonny.

baca juga: NasDem Bertekad Pertahankan Kesukseskan di Pilkada 2020
     
Sonny menjelaskan, jika perolehan suara di Pemilu 2019 mengalami penurunan ketimbang pada 2014. Untuk perolehan suara di Pemilu 2014 partai Nasdem memperoleh 32.044 suara untuk DPRD Kabupaten, 36.000 untuk DPRD Provinsi dan 26.671 untuk DPR-RI.

"Pada Pemilu 2019 Partai Nasdem memperoleh 22.671 suara untuk DPRD kabupaten, 16.116 suara untuk DPRD provinsi Jateng dan 17.016 suara untuk DPR-RI," terang Sonny. (OL-3)

BERITA TERKAIT