27 February 2021, 15:25 WIB

Anies Janji Bangun 101 KM Jalur Sepeda Tahun Ini


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membangun jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan tahun ini total ada 101,2 km jalur sepeda yang dapat dibangun di Ibu Kota.

Jumlah tersebut adalah dari target total 578,8 km yang rencananya akan dibangun Pemprov DKI Jakarta sejak 2019 hingga 2030 mendatang.

"Pemprov DKI Jakarta merencanakan pada 2030 terbangun 578,8 kilometer jalur sepeda di Jakarta. Sementara untuk 2021 ini, kita menargetkan terbangun 101,2 km jalur sepeda yang terdiri dari 34,1 km jalur sepeda terproteksi dan 67,1 km tak terproteksi atau 'sharing'," kata Anies dalam unggahan di akun Instagram miliknya, Sabtu (27/2).

Anies menyampaikan hal tersebut usai sebelumnya pada Jumat (26/2) lalu bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo meninjau pembangunan jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH. Thamrin.

Rencananya di kawasan itu akan ada 11,3 km jalur sepeda dengan lebar 2 meter.

"Jalur sepanjang 11,2 km dan lebar 2 meter ini direncanakan rampung akhir Maret nanti. Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas 'bike rack' sebagai 'rest area' pesepeda," ujarnya.

Sementara untuk khususnya pada akhir pekan, Anies berencana untuk mengadakan jalur sepeda temporer tambahan. Hal itu disebabkan banyak masyarakat yang menggunakan akhir pekan untuk berekreasi maupun berolahraga dengan bersepeda ke pusat Ibu Kota.

"Semoga dengan adanya jalur sepeda terproteksi ini makin meningkatkan minat dan kenyamanan warga Jakarta untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Khusus Sabtu-Minggu direncanakan akan ada lajur sepeda temporer tambahan selain yang permanen," imbuhnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT