24 February 2021, 19:16 WIB

Covax Kirim Vaksin Tahap Pertama ke Ghana


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Petugas bandara membawa paket vaksin covid-19 dari Covax yang tiba di Ghana.

GHANA menerima pengiriman vaksin covid-19 perdana dari Covax, yakni inisiatif global untuk askes vaksin yang setara.

Covax diluncurkan pada April lalu untuk memastikan distribusi vaksin covid-19 yang lebih adil antara negara kaya dan negara miskin. Setidaknya, ada dua miliar dosis vaksin yang dibagikan kepada anggota hingga akhir tahun.

"Kami senang Ghana menjadi negara pertama yang menerima vaksin covid-19 dari fasilitas Covax," bunyi pernyataan UNICEF, yang mengatur pengiriman vaksin dari Mumbai, dalam sebuah pernyataan bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Pfizer Siapkan 40 Juta Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

Sekitar 600 ribu dosis vaksin AstraZeneca-Oxford yang dilisensikan oleh produsen vaksin terbesar di dunia, Serum Institute of India, merupakan bagian dari tahap awal pengiriman. Vaksin ditujukan ke beberapa negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Pesawat maskapai Emirates yang membawa vaksin covid-19 mendarat di Bandara Internasional Kotoka Accra, sebagaimana ditunjukkan siaran televisi lokal.

Baca juga: Tiongkok Donasikan 10 Juta Vaksin ke WHO

Covax siap mengirimkan 2,41 juta dosis vaksin ke wilayah Ghana. Otoritas negara itu telah mengizinkan penggunaan vaksin yang dibuat di India dan vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Negara di Afrika Barat itu mencatat 80.759 kasus covid-19 dan 582 kematian sejak pandemi dimulai. Akan tetapi, data tersebut diyakini kurang dari jumlah sebenarnya. Mengingat, laju tes covid-19 di negara itu sangat rendah.

Petugas kesehatan dan staf yang berada di garis terdepan akan menjadi penerima vaksin covid-19 tahap pertama. "Dalam beberapa hari ke depan, kelompok tersebut mulai menerima vaksin," jelas Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT