18 February 2021, 19:57 WIB

Beri Izin Turnamen, Kapolri Ingatkan Suporter Nonton dari Rumah


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Pertemuan Menpora dengan Kapolri membahas turnamen sepak bola

POLRI mengeluarkan izin bergulirnya kompetisi pramusim Piala Menpora 2021. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan penyelenggara kompetisi sepak bola, klub, pemain, dan suporter memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang menjadi kesepakatan bersama.

"Kita sepakat untuk berikan kesempatan. Tentunya dengan catatan bahwa penegakan protokol kesehatan itu menjadi syarat utama," kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/2).

Listyo mengingatkan kepada para suporter untuk menaati dan berkomitmen menegakkan prokes dengan tidak datang langsung datang ke stadion untuk menyaksikan tim kesayangannya berlaga. 

Selain itu, suporter juga dilarang konvoi dan berkerumun dengan menyelenggarakan nonton bareng (nobar). Ia meminta suporter cukup menonton dari rumah melalui siaran televisi.

Baca juga : Keberhasilan Piala Menpora Jadi Tolak Ukur Izin Liga 1

"Saya minta kali ini supaya tidak ada nobar dulu, karena ini akan berdampak pada penyelenggaraan selanjutnya. Jadi kita sama-sama, ayo kita sama-sama dukung, kita tonton tapi dari rumah saja," ujar Listyo.

Listyo mengatakan jika semua pihak bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik, maka hal itu akan menjadi sinyal yang positif bagi Liga 1 dan 2 2021. 

"Artinya kalau itu semua bisa berjalan dengan baik kemudian penegakan aturan terkait dengan protokol kesehatan bisa berjalan dengan baik, maka terkait dengan program kompetisi selanjutnya kita akan memberikan izin penyelenggara," kata Listyo.

Seperti diketahui, hampir satu tahun kompetisi sepak bola Indonesia terhenti imbas pandemi covid-19. Liga 1 2020 yang baru bergulir tiga pekan akhirnya dibatalkan setelah terkatung-katung beberapa bulan. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan membatalkan kompetisi karena alasan force majeure terkait dengan pandemi covid-19. (OL-7)

BERITA TERKAIT