27 January 2021, 23:46 WIB

Gebrakan Jenderal Listyo Sigit Dinanti Publik


Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum

Antara/RenoEsnir
 Antara/RenoEsnir
Sertijab vitual Jabatan Kapolri

PENGAMAT kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto mengatakan publik menunggu implementasi dari program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia mengatakan jargon "Presisi", yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang dibawa oleh Listyo segera menunjukkan hasil.

"Jangan sekadar jargon. Jadi, jangan hanya ganti kapolri, ganti jargon, tapi tidak ada implementasi. Pak Listyo harus menbuktikannya segera. Publik menunggu bukti bukan janji," kata Bambang, kepada Media Indonesia, Rabu (27/1).

Selain itu, Bambang mengatakan janji Listyo yang akan memperkuat pengawasan internal guna mencegah penyalahgunaan wewenang perlu dikebut. Ia mengatakan Listyo harus memastikan pengawasan berjalan dengan ketat dan sesuai prosedur.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan Listyo harus memastikan promosi harus berdasarkan integritas dan kapabilitas untuk menciptakan profesionalisme di tubuh Polri. Ia mengatakan jangan sampai promosi berdasarkan kedekatan dan muncul pungutan liar di internal.

Baca juga : Kapolri Listyo Sanjung Kepemimpinan Idham Aziz

"Ini harus dilakukan untuk menaikkan citra Polri di mata masyarakat," kata Bambang.

Bambang juga mengatakan dalam waktu dekat Listyo harus membangun konsolidasi antar-angkatan di tubuh Polri. Pasalnya, Listyo melangkahi seniornya.

"Pembangunan konsolidasi internal juga harus cepat dilakukan karena beliau melompati sekian generasi," kata Bambang. (OL-7)

BERITA TERKAIT