27 January 2021, 15:55 WIB

Lusa, Kota Cirebon Laksanakan Imunisasi Covid-19


Nurul Hidayah | Nusantara

Antara
 Antara
Vaksin Covid-19 produksi Sinovac.

BILA tak meleset, vaksinasi covid-19 di Kota Cirebon akan dilaksanakan pada Jumat (29/1). Meski sudah ada vaksinnya, warga diminta tidak menurunkan kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19.

Berdasarkan pantauan, mobil boks berpendingin pembawa vaksin tiba di UPT Farmasi Kota Cirebon, Rabu (27/1) sekitar pukul 13.00 WIB. Puluhan boks warna putih berisi vaksin kemudian langsung dibawa ke gudang dan disimpan ke cold chain yang ada di gudang tersebut.

Suhu juga diatur 2 hingga 8 derajat celcius untuk menjaga kondisi vaksin agar tidak rusak. Sesudah vaksin masuk, penjagaan ketat dari polisi dan TNI dilakukan di gudang tersebut selama 24 jam.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengirimkan vaksin ke Kota Cirebon," ungkap Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Kedatangan vaksin ini diyakini Azis akan menambah imun dan rasa percaya diri warga Kota Cirebon dalam menghadapi pandemi covid-19. "Tapi saya minta kewaspadaan jangan turun," tegas Azis. Ini dikarenakan belum semua masyarakat mendapatkan vaksin. Yang diutamakan baru tenaga kesehatan.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, jelas Azis, akan dimulai lusa atau Jumat (29/1). Saat ini semua persiapan sedang dilakukan agar proses pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menjelaskan bahwa ada 4.600 vaksin yang dikirim ke Kota Cirebon hari ini. Sedangkan untuk penyuntikan vaksin akan dilakukan mulai Jumat (29/1) di 22 puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk di Kota Cirebon. (OL-13)

Baca Juga: Australia Masuki Hari Ke-10 Tanpa Kasus Lokal Covid-19

 

BERITA TERKAIT